Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Nasi Kebuli Nalla Sapna Catering di Kuliner Kauman Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan Nasi Kebuli Nalla Sapna Catering secara mendalam dan detail. Subjek dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha, karyawan, konsumen Nasi Kebuli Nalla Sapna Catering dan koordinator Kuliner Kauman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yaitu membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta – fakta, sifat – sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Fokus dalam penelitian ini yaitu faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatan dan strategi meningkatkan pendapatan usaha Nasi Kebuli Nalla. Aspek yang ingin diteliti adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Nasi Kebuli Nalla dan solusi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pendapatannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatan Nasi Kebuli Nalla yaitu lokasi usaha yang berpindah, kenaikan harga, kurangnya promosi online di media sosial, tidak bergabung dalam layanan online food, dan penggunaan qris. Beberapa strategi dapat meningkatkan pendapatan Nasi Kebuli Nalla. Strategi ini meliputi beragamnya produk yang ditawarkan, kualitas produk yang unggul dan bersih, kemasan yang aman dan menarik, promosi yang digunakan yaitu memposting iklan di WhatsApp, penjualan personal, promosi dari mulut ke mulut, dan dapat mencicipi makanan.
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, T. A. (2023, August 1). Analisis Potensi Wisata Halal Pada Festival Kuliner Kauman. Retrieved From Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/20252/1/Skripsi_1905026157_Tarisa_Asih_Pratiwi.Pdf.
Rahma, N. (2017, July 21). Faktor Penentu Minat Wisatawan Terhadap Makanan Lokal Kota Semarang. Retrieved From Eprints.Undip.Ac.Id/54979/1/10_Rahma.Pdf.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usodo, H., Palupiningtyas, D., Pn, A. D., & Aw, A. S. (2023). Intensi Berwisata Kuliner Kembali Di Kota Semarang : Suatu Tinjauan Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 437-451.
Refbacks
- There are currently no refbacks.