Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang

Dimas Bintang Prakoso, Endang Wuryandini, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presepsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Metode penelitian meliputi metode deskriptif kualitatifdan studi kasus. Teknik triangulasi digunakan dalam analisis data oleh para peneliti, yang mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang merasa antusias dengan adanya program MBKM, namun mereka tidak menunjukkan partisipasinya karena takut mengambil resiko dalam program tersebut. Hal ini disebabkan karena berbagai program studi menggunakan kebijakan yang berbeda dalam menjalankan program tersebut, terutama terkait dengan berapa banyak SKS yang dapat dikonversi di antara satu sama lain, karena kebijakan tersebut berbeda-beda tergantung pada hak program studi tersebut. Selain konversi SKS yang terlibat dalam pelaksanaan program MBKM, program studi juga menghadapi tantangan lain, seperti menyesuaikan kurikulum MBKM dengan kurikulum yang sudah berjalan. Mahasiswa juga menghadapi tantangan, seperti kurangnya sosialisasi, kurangnya pemahaman akan kebijakan dan isi program, culture shock karena baru pertama kali mengenal lingkungan baru, serta kesulitan dalam mengatur waktu dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Akibatnya, mahasiswa menjadi tidak tertarik untuk mengikuti MBKM. Akan tetapi, program studi dan fakultas mendorong dan mefasilitasi secara penuh yang mahasiswa benar-benar ingin mengikuti program MBKM ini.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, S. F. S. F. S. (2023). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. At-Tadris: Journal of

Islamic Education, 2(1), 92-97.

Kristiana, C., & Benito, R. (2023). Implementasi Diplomasi Pendidikan Dan Diplomasi

Budaya Melalui Program Indonesian International Student Mobility Awards (Iisma).

Indonesian Perspective, 8(1),.121-153.

Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Nurjannah, S., & Alhudawi, U. (2023). Telaah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

(Mbkm) Dalam Memperkuat Soft Skills Mahasiswa. Pancasila And Civics Education

Journal (Pcej), 2(3), 54-62.

Riyentin, Z. (2023). Pengaruh Implementasi Kampus Merdeka Dan Persepsi Mahasiswa

Tentang Mbkm Terhadap Minat Mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus

Merdeka.

Rosa, A. T. R., Muchtarom, P. S., Karlina, H., Wibowo, A. H., Yusuf, D. U., Sukamto, A.

R., & Samsudin, S. K. (2023). Pemahaman Dan Peminatan Program Merdeka Belajar

Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Kesehatan Swasta. Cv. Ruang Tentor.

Suharyati, H., Rahmawati, Y., Katili, A. Y., Rachman, E., Van Gobel, L., Nggilu, R.,&

Regita, S. M. (2023). Pengalaman Pembelajaran Dalam Era Mbkm. Ideas

Publishing.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada

Media.

Syaifudin, N. (2023). Evaluasi Program Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Pondok

Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan (Doctoral

Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ramadhan, S., & Megawati, S. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus

Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Di Universitas Negeri Surabaya. Publika, 1581-1592.

Zein, N. (2023). Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan

Metaanalisis. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 190- 207


Refbacks

  • There are currently no refbacks.