PENGEMBANGAN PERMAINAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER ANAK

Nikmatul Azizah, Muhtarom Muhtarom, Sumarno Sumarno

Abstract


karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Karakter sangat penting ditanamkan sejak usia dini. Oleh karena itu lembaga PAUD juga harus memberikan pembelajaran karakter anak, keterbatasan metode dan sarana membuat pembelajaran karakter dilakukan dengan metode dan media yang monoton, yaitu dengan bercerita atau dongeng. Sedangkan karakteristik anak usia dini adalah aktif bergerak dan tingkat konsentrasinya hanya sebatas 5 – 8 menit. Pembelajaran karakter dengan cerita atau dongeng membuat anak merasa bosan atau jenuh dan kurang tertarik, sehingga pembelajaran tidak efektif. Maka peneliti membuat sebuah inovasi media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan karakter anak yaitu dengan pengembangan Permainan Cublak-Cublak Suweng.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran pengembangan permainan Cublak-Cublak untuk membangun karakter anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Desaign, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian adalah anak kelas B POS PAUD Anggun usia 5 – 6 tahun yang berjumlah 18 anak, teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji validitas Aiken’s V, uji reliabilitas untuk menguji kevalidan, analisis hasil wawancara dan kuesioner untuk menguji kepraktisan dan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T untuk menguji keefektifan.

Hasil dari uji kevalidan menunjukkan koefisien lebih dari 0,05 maka media valid, hasil uji kepraktisan berdasarkan hasil kuesioner guru 4,43 dan 4,26 dari skor maksimal 5,00 hal ini menunjukkan bahwa media sangat praktis digunakan untuk pembelajaran karakter, sedangkan berdasarkan uji keefektifan dengan uji normalitas diperoleh sig 0,288 > 0,05 maka Ho diterima (data berdistribusi normal), uji homogenitas diperoleh sig 0,135 > 0,05 maka Ho diterima (data sebelum dan sesudah observasi memiliki varian yang sama). Uji T diperoleh nilai sig 0,022 < 0,005 maka Ho ditolak (ada pengaruh media pengembangan permainan Cublak-Cublak Suweng terhadap kemampuan karakter anak).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v18i2.13034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]