Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema 4 Subtema 1 Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Jeketro Tahun Pelajaran 2020/2021

Desi Baktiningsih, Fine Reffiane, Joko Susanto

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema 4 subtema 1 pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jeketro. Peneliti menerapkan pendekatan Technology, Pedagogy, Content Knowledge (TPACK) untuk mewujudkan kedua hal tersebut. Subjek dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik tema 4 subtema 1 kelas V SD Negeri 1 Jeketro. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan secara sistematis dengan manggunakan angket pengamatan aktivitas belajar dan tes formatif berbasis online. Berdasarkan pengamatan pembelajaran pada siklus pertama, tingkat aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik mencapai 66,67% dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 70,6. Pada siklus kedua, peneliti dengan penerapan pendekatan TPACK yang disesuaikan dengan hasil refleksi siklus pertama mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik hingga mencapai 93,33%, namun rata-rata nilai hasil belajar hanya mencapai 84. Penelitian belum dinyatakan berhasil karena indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 100% peserta didik dikategorikan beraktivitas baik dan tuntas dalam hasil belajarnya dengan rata-rata nilai minimal 85 sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus ketiga. Pemantapan pembelajaran dengan pendekatan TPACK dilakukan pada siklus ketiga, dampak positif dari hal tersebut mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yakni 100% dari jumlah peserta didik kelas V dinyatakan beraktivitas baik dalam pembelajaran dan mendapatkan niai lebih atau sama dengan KKM disertai rata-rata nilai mencapai 86. Dengan temuan dan hasil pengamatan dari siklus pertama sampai siklus ketiga terjadi kenaikan yang dominan dan mencapai Indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti. Atas dasar hal itu, peneliti menarik simpulan bahwa dengan penerapan pendekatan pada pembelajaran tema 4 subtema 1 di kelas V dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Dengan hasil ini, diharapkan mampu menjadi salah satu referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan inovasi pembelajaran.

 

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, TPACK


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]