Peningkatan Psikomotorik Peserta Didik Kelas Vi Sd Negeri Sampok Gunungwungkal Pati Semester 1 Materi Membuat Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Model Project Based Learning Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Seiring perkembangan zaman yang semakin cepat dan pesat berpengaruh di dunia pendidikan. Dunia pendidikan mengalami perubahan dan perkembangan yang semakin canggih. Guru adalah pelaku pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Tugas pokok guru yaitu mengajar, dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di sekolah guru tidak hanya dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran saja, namun dituntut untuk mampu membimbing dan mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar dan memiliki ketrampilan 4C (Critical thinking, Creativity, Communication dan Collaboration). Oleh karena itu guru harus mampu menguasai perangkat pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Masa pandemi ini, guru melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran dilakukan berbasis TPACK, menggunakan teknologi untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh.
Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian penelitian tindakan kelas adalah : “Apakah model Project Based Learning dapat meningkatkan psikomotorik peserta didik pada materi membuat rangkaian listrik sederhana peserta didik kelas VI SD Negeri Sampok Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati?”
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Sampok Kecamatan Gunungwungkal yang berjumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, soal evaluasi dan dokumentasi dari kegiatan yang sedang berlangsung.
Dari tujuan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa belajar kreatif dan mandiri dalam rangka menciptakan hasil karya sederhana yang salah satunya dengan membuat rangkaian listrik sederhana pada muatan pelajaran IPA dapat meningkatkan psikomotorik peserta didik kelas VI SD Negeri Sampok Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memotivasi peserta didik dalam belajar, diharapkan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran yang menekankan pada kreatifitas dan kemandirian dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkarya dan memiliki pengalaman membuat rangkaian listrik sederhana.
Kata kunci : psikomotorik, project based learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]