Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dengan Media Video Pembelajaran Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di TK Dharma Wanita Karangsari

Nurul Khosyamsiatun Ni'mah, Dini Rakhmawati, Laksma Septi

Abstract


 Kata Kunci :  Bahasa, Video ,Cerita, Huruf

Perkembangan bahasa untuk anak usia dini mempunyai empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap keterampilan berhubungan dengan proses berfikir yang mendasari bahasa.

Tujuan penilitian adalah, Meningkatkan tata bahasa, Meningkatkan imajinatif anak melalui hasil karya, Meningkatkan pemahaman terhadap syimbol syimbol huruf.

Metodologi penelitian dengan sasaran anak yang di teliti adalah 5 anak laki – laki , dan 2 anak perempuan, pelaksanan mulai jam 08.00 pagi sampai jam 9.30, dengan model pembelajaran luring. Prosedur penelitian diadakan pada siklus 1 dan siklus 2, metode pengumpulan data, secara observasi dan dokumentasi, instrumen penilaian dengan menggunakan lembar observasi dan Dokumentasi. Indikator keberhasilan adalah BSH pada setiap kompetensi dasar yang dicapai dan nilai capaian yang ditargetkan adalah diatas 75 %. Minimal 5 dari 7 anak harus mendapatkan BSH disetiap Indikator.

Hasil penelitian pada siklus 1 berkembang dengan  nilai 59 %, pada siklus 2 telah mencapai nilai keberhasilan 78 % pada aspek bahasa anak. Perkembangan bahasa anak dari siklus 1 ke siklus 2.

Saran, dalam mengembangkan aspek bahasa anak hendaklah dengan kegiaatan yang menyenangkan yaitu belajar melalui bermain. Saya merekomendasikan memanfaatkan bahan bahan ajar yang mudah ditemukan dilingkungan seperti bahan ajar alam dan peralatan yang sudah tak terpakai.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]