ANALISIS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KENDALSARI PEMALANG

Diky Handika, Wawan Priyanto, Ikha Listyarini

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terpengaruhnya pembelajaran di SD Negeri 02 Kendalsari Pemalang akibat adanya pandemi virus corona. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan murni tatap muka di sekolah, berubah menggunakan metode blended learning atau pembelajaran campuran antara tatap muka dan dipadukan dengan daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan, kelebihan dan kekurangan blended learning di kelas IV SD Negeri 02 Kendalsari Pemalang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh penerapan pembelajaran blended learning dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi whatsapp untuk pembelajaran daring, dimana guru mengirimkan foto materi dan soal atau menyuruh peserta didik untuk mempelajari dan mengerjakan soal-soal di buku siswa. Sedangkan untuk pembelajaran luring pembelajaran dilakukan di rumah salah satu peserta didik. Pembelajaran blended learning terdapat kekurangan seperti kurangnya peran orangtua dalam pendampingan belajar peserta didik, materi pembelajaran susah dipahami oleh peserta didik serta keterbatasan perangkat pembelajaran berupa handphone dan kuota internet.

 

Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran, Blended Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v17i2.9615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: [email protected]