KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANJUNG
Abstract
Keywords
References
Al-Halik, A. & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consiliun : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32-44.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fitri, E. Zola, N. & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.
Fitri, S. (2011). Kontribusi Layanan Informasi dan Bimbingan Kelompok terhadap Sikap Siswa tentang Narkoba. Jurnal Penelitian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (JP3B). 1(1).
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Khairiah, K. Wati, M. & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs N Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200-210.
Komara, I, B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Lestari, T. (2017) Efektifitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Edusentris, 4(1), 1-12.
Maliki.(2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Suatu Pendekatan Imajinatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Nurihsan, A. (2014). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Reflika Aditama.
Pranoto, H. 2016. Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro. 1(1): 100-111.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Priansa, Donni, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sarastika, P. (2014). Stop Minder & Grogi Saatnya Tampil Beda dan Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syalafiah, M. & Rima, I. (2020). Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk M4engembangkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Fokus, 3(3), 80-88.
Tanjung, Z. & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2). 1-4.
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tohirin. (2017). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wayan, M. I. (2019). Efektifitas Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok terhadap Penguatan Percaya Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial, 8 (1), 9-19
DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v11i1.10173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing :
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No.1 - Sidodadi Timur, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Dini Rakhmawati, M.Pd.
Email: dinirakhmawati@upgris.ac.id