METODE LEARNING BY DOING DALAM MENGOPTILALISASI KUALITAS BELAJAR SISWA SMP

Melia Erba Robani, Fia Anisa Rachim, Amelia Febriani, Ega Rizqi Fitri A

Abstract


Metode learning by doing dalam mengoptimalisasi kualitas belajar siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode learning by doing dalam mengoptimalisasikan kualitas belajar siswa SMP. Model pembelajaran learning by doing merupakan konsep belajar dengan melakukan, yaitu suatu pandangan pendidikan pragmatis berdasarkan dua alasan penting: pertama suatu takdir tuhan bahwa anak adalah makhluk aktif, kedua melalui bekerja anak  by doing yaitu bahwa siswa perlu terlibat dalam proses belajar secara spontan. Dengan ini akan membantu siswa untuk menumbuhkan kemampuan belajar aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Desain rancangan penelitian disusun oleh peneliti menggunakan kajian literatur. Harapan dari study literatur ini mampu menunjukan optimalisasi kualitas belajar melalui metode learning by doing pada siswa SMP.

Keywords


learning by doing; kualitas belajar

Full Text:

PDF

References


Anggito dan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Hasruddin, Nasution, Rezeki. (2015) Inovasi Pembelajaran Dengan Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial Mahasiswa Pada Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Biologi. Prosiding Semirata

Herniati, Reni, dkk. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX. 14(2).

Kurniawan, Budi, dkk. (2017). Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Jurnal Of Mechanical Engineering Education. 4(2).

Lestari, Indah. (2020). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(2).

Maslakhah, Siti. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Jurnal Diksi. 27(2)

Rospita S & Mauliadi. 2019. Kajian Menganai Pentingnya Implementasi Pembelajaran Dengan Orientasi Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Jurnal Unimed. 1(4), 240-245.

Sunami, Anis Santi. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pengolahan Kue dan Roti Melalui Model Pembelajaran Bekerja Langsung (Learning By Doing) Di Kelas X Patiseri Program Keahlian Tata Boga SMK Negeri 3 Pati Tahun 2010/2011. Jurnal Teknobuga. 1(2).

Suwardi, Dana Ratifi. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.