PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 22 JAKARTA

Devi Yulianty Surya Atmaja

Abstract


Peningkatan Motivasi Belajar Fisika dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif  Berbasis  Ms.Powerpoint  pada  Peserta  Didik Kelas  XI  SMA  Negeri  22  Jakarta”.  Tujuan penelitian untuk mengamati Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI IPA 4 SMAN 22 Jakarta dengan menggunakan ”Multimedia Interaktif Berbasis Power Point". Penelitian dilakukan di SMA Negeri 22 Jakarta dengan pendekatan kualitatif. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan atau yang lebih dikenal dengan action research. Prosedur penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan Kemmis-Taggart, yang terdiri dari empat komponen tindakan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dalam suatu system spiral yang saling terkait yang disebut satu siklus. Adapun penelitian tindakan kelas ini dengan 2 siklus. Dalam penelitian ini terdapat hipotesis tindakan, yaitu diduga setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis Ms. powerpoint, motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 4 di SMAN 22 Jakarta akan meningkat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis power point telah berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 22 Jakarta dengan persentase peningkatan hingga 70%. Oleh karena itu, melalui penelitian ini diharapkan dapat merekomendasikan penggunaan multimedia interaktif berbasis power point untuk lebih diterapkan di SMA Negeri 22 Jakarta, terutama untuk meningkatkan motivasi belajar fisika.

Keywords


Motivasi; Belajar Fisika; Multimedia Interaktif; Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Achmad Samsudin. 2008. Peran Multimedia Interaktif (Mmi) Dalam Pembelajaran.. http://semangatbelajar.com/peranmultimedia-interaktif-mmi-dalam- pembelajaran , diakses tanggal 2 November 2017

Alwi, Hasan. 2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.

Anonim, 2012. Kelebihan Multimedia dalam Pembelajaran. http://www.medukasi.web.id/2012/06/kelebihan-mutimedia- dalampembelajaran.html, diakses pada tanggal 7 November 2017

Anonim. Sejarah Power Point http://27-tech.blogspot.co.id/2017/02/belajar-sejarah-power- point-dan-fungsi.html , di akses tgl 6 November 2017.

Anonim. Sejarah Power Point https://ismipuput.wordpress.com/2016/01/03/sejarah -

microsoft-powerpoint/ , diakses tgl 6 November 2017.13.00 WIB

Anonim.Media Pembelajaran http://diditnote.blogspot.com/2013/01/klasifikasi-media- pembelajaran.html , diakses tgl 6 November 2017.

Anonim. Media Pembelajaran http://evaaprilian27.blogspot.co.id/2014/01/v-behaviorurldefaultvmlo_16.html, di akses tgl 6 November 2017.

Anonim. Taksonomi Media http://estehgulabatu.wordpress.com /2011/11/10/taksonomi- media/, diakses tgl 6 November 2017.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri., dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, Nur. 2008.Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. UNY , diakses tanggal 30 Oktober 2017.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara Hamzah B.

Uno.(2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. PT Bumi Aksara

Hoftsteter, 2001, Pengantar multimedia untuk media Pembelajaran. http://www.scribd.com/doc/356784/multimedia-bagian1, diakses pada tanggal 3 November 2017




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.