SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT PENILAIAN SIKAP BERBASIS LITERASI DIGITAL

Yudhi Saparudin

Abstract


Pada saat ini pengembangan kompetensi sikap peserta didik merupakan hal yang bersifat urgen, dan harus mendasari kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Namun sebagian guru belum terbiasa mengintegrasikan pengembangan kompetensi sikap ini pada saat melaksanakan pembelajaran. Kemudian sebagian guru mengalami kesulitan serta belum terbiasa untuk melakukan penilaian sikap. Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat kemampuan guru melakukan penilaian sikap berbasis literasi digital sebelum dan sesudah implementasi supervisi akademik menggunakan model Professional Learning Community (PLC).  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen satu kelompok, menggunakan rancangan penelitian one group pretest-postest. Untuk melihat signifikan pengaruh sebelum dengan sesudah implementasi model PLC, menggunakan paired samples t test. Sampel dalam penelitian ini adalah SMA YPKKP Bandung. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan seluruh guru SMA YPKKP Bandun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik model PLC, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian sikap berbasis literasi digital. Peningkatan tersebut signifikan dengan nilai p < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini, implementasi supervisi akademik menggunakan model PLC dapat diterapkan pada guru-guru SMA lainnya baik SMA negeri maupun swasta.

Keywords


Supervisi Akademik; Penilaian Sikap; Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Adey, P. (2004). The Professional Development of Teachers: Practice and Theory. New York: Kluwer Academic Publishers

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Pearson Education.

Bella, E. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital & Teknologi terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-Rantry Darussalam - Banda Aceh

Berk, J.B.S. (2015). Total Quality Management: Implementing Continuous Improvement. Kuala Lumpur: Abdul Madjeed & Co.

Budiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Pada Acara Workshop Pengembangan Perangkat Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013. Bogor.

Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. 4th Ed. New York: Longman Press.

Cascio, W.F. (2011). Managing Human Resource, Productivity, Quality of Work Life. New York: McGraw Hill.

Castetter, W.B. (2014). The Human Resource Function in Educational Adminitration (Sixth Edition). New Jersey: Prentice Hall, Inc Erglewood Cliffs.

Creech, B. (2016). The Five Pillars of TQM (terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Creswell, J.W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitave, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. California: SAGE Publication.

Chu, S.K.W. & Mok, S.W.S. (2016). Changing Organizational Structure and Culture to Enhance Teaching and Learning: Cases in a University in Hong Kong. In L. Liudvika & U. Wilkesmann. (Eds.), Organizing academic work in higher education: Teaching, Learning, and Identities. London: Routledge

Chow, A. (2013). Professional Learning Communities In Three Subject Departments In Hong Kong Secondary Schools, International Journal of Arts & Sciences, CD-ROM. ISSN: 1944-6934: 6(4): 233–245

Day, Christopher dan Sach, Judyth ed. (2004). International Handbook on the Continuing Professional Development of Teachers. New York: McGraw-Hill Education

Dewey, J. (1938). Experince and Education. New York: Macmillan.

Djuniar R. H., Eny, E., dan Ira, L. (2015). Pembelajaran berbasis literasi pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Tesis. Program Pascasarjana. Untan

Elizabeth, F. and Wilson, K. (2016). The impact of an alternative model of student teacher supervision, Teaching and Teacher Education. New York: Elsevier.

ERIC. Clearinghouse on Educational Management, Trends and Issues. (2012). The Role of School Leader. Downloaded April 2012. http://eric.uoregon.edu.

Freeman, R.E. (2015). Strategic Management A Stakeholder Approach. New York: Pearson Education.

Gebhard, G. (2014). Models of Supervision: Choices. In Second Language Teacher Education. Edited by Richards, J & Nunan, D. New York: Longman Press.

Geeta, H. (2016). A Model of Expert Instructional Supervision. Doctor of Education. Wilmington College.

Harris, O.J. (2016). Managing People at Work. Canada: Publisher Simultan Bously.

Hernani & Ahmad, M. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Teknologi terhadap Keterampilan Proses SAINS siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi I Tahun XV 2010

Hoy, Wayne K. And Miskel Ceccil G. (2008) Educational Admnistration: Tehory, Research and Practice. Mc-Graw Hill, New York

Hord, S.M. (2009). Professional learning communities, Journalof Staff Development;Winter 2009; 30, 1, ProQue.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192

Intan, A. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Era 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Johar, P. (2016). Model Pengembangan Profesi Guru melalui Profesional Learning Community di sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII. No.1 April 2016. Upi Bandung

Johnson, E.B. (2012). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Permeneg PAN dan RB Nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Pengawas dan Angka Kreditnya. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016a). Permendikbud Nomor 20, Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Permendikbud Nomor 21, Tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016b). Permendikbud Nomor 22, Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.

Lazear, D. (2014). Higher-order Thinking: The Multiple Intelligences Way. Chicago: Zephyr Press

Matlin, M.E. (2010). Cognitive Psychology. Seventh Edition. International Version. California: Jhon Wiley & Sons Inc

Mehrunnisa, A.A. (2010). Supervision for teacher development, International of educational development. California: Pergamon

Michael, J. (2017). What makes physiology hard for to learn? Result of a faculty survey. Advancephysiology Education, (31), p. 34-40

Mosavi, F. (2014). Present a Conceptual Framework of Supervisory System for Teacher. Journal of Educational and Management Studies. 4 (4): 738-744

Mukhopadhyay, M. (2015). Total Quality Management in Education. New Delhi: SAGE Publications.

Palinscar, A.S., Collins, K.M., Marano, N.L., & Magnusson, S.J. (2010). Investigation the engagement and learning of students with learning in guided inquirí teaching, Language, Speech, and Hearing services in Schools. California: SAGE Publication

Pettigrew, A.M. (2010). On Studying Organizational Cultures. Administrative Science Quarterly. Vol 24.

Retno, H. (2015). Analisis Implementasi Penilaian Sikap Siswa Yang Dilakukan Guru Terhadap Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan IPA. SPS UPI. Tidak Diterbitkan

Rose, A. M. (2007). Perceptions of Technological Literacy among Science, Technology, Engineering, and Mathematics Leaders. Journal of Technology Education. Vol. 19 No. 1, Fall 2007 [Online]. Tersedia dihttp://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CEAQFjAB&url=http%3A%2F%2Fscholar.lib.vt.edu%2Fejournals%2FJTE%2Fv19n1%2Fpdf%2Frose.pdf&ei=kZJFUeijMYKJrAfdp4CYCg&usg=AFQ Jcnf5Ed02qWkPGc3tgj1Q9Dg-JclVDQ&sig2=2j94EeXtjaZDp2lXQTp7pg

Spenbauer, S. (2012). Quality System for Education. Sydney: New York: McGraw-Hill Company

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Villegas-Reimers, Eleonora. (2003). Teacher Professional Development: An International Review of the Literature. Unesco

World Economic Forum®, (2017). Realizing Human Potential in the Fourth Industrial Revolution: An Agenda for Leaders to Shape the Future of Education, Gender and Work.




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.