PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATA KULIAH IPA TERPADU MELALUI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)

Henry Setya Budhi, Ulya Fawaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat dan model pembelajaran berbasis proyek untuk mata kuliah IPA Terpadu melalui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematic). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada perkuliahan IPA Terpadu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi perangkat dan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (research & development). Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: 1) Perangkat pembelajaran IPA Terpadu terdiri dari: Silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan bahan ajar yang sudah siap untuk diuji validasi; 2) Desain model pembelajaran berbasis proyek meliputi beberapa tahapan, yaitu: reflection, research, discovery, application, communication. (3) Berdasarkan temuan dari hasil uji coba perangkat dan model pembelajaran, khususnya dalam pengembangan aktivitas mahasiswa, menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas mahasiswa.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek; STEM; IPA Terpadu

Full Text:

PDF

References


Beals, J. (2012). Thomas Edison.com. Diakses 4 April 2018 dari www.thomasedison.com

Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Edward M. Reeve. 2015. STEM is here to stay

Jauhariyyah, Farah Robi’atul., dkk. 2017. Scinence, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM Vol. 2, 2017, ISBN: 978-602-9286-22-9.

Kelley, T. R dan Knowles, J. G. 2016. A Conceptual Framework for Integrated STEM Education. International Journal of STEM Education. Springer.

Kemendikbud. 2013. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Modul. Tidak diterbitkan.

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan dosen implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiriyah, Nailul., dkk. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD Vol. 5 No. 2 Oktober 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM education through project-based learning. (Online), (www.learning.com/stem/whitepaper/integrated-STEM-throughProject-based- Learning), diakses pada 10 Maret 2017.

National STEM Education Center. (2014). STEM education network manual. Bangkok: The Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology.

Patton, A. (2012). Work that matters: the teacher’s guide for project based learning. California: The Paul Hamlyn Foundation.

Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rais. (2010). PROJECT-BASED LEARNING: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills. (Online) (http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/1/universitas%20negeri%20makassar-digilib-unmdrmuhraiss- 20-1 makalah a.pdf.), diakses pada 4 April 2019.

Robert, A. dan Cantu, D. 2012. Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum. Department of STEM Education and Proffesional Studies Old Dominion University. Notfoly, VA, USA.

Stohlmann, M., Moore, T.J., & Roehrig, G.H. (2012). Considerations for teaching integrated STEM education. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), II(1): 28-34.

Sutrisno dan Suyadi. 2016. Desain Kurikulum Perdosenan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project based learning. San Rafael: The Autodesk Founda¬tion.

Tim Penyusun Kurikulum TIPA. 2017. Buku Kurikulum Tadris Ilmu Pengetahuan Alam IAIN Kudus. Kudus: IAIN Kudus Press.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Imlementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tsupros, N., R. Kohler, dan J. Hallien. 2009. STEM Education: A Project To Identify The Missing Components. A collaborative study by the IUI Center for STEM Education and Carnegie Mellon University.

Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarsi, Juniaty., dkk. 2016. STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1, 2016, ISBN: 978-602-9286-21-2.

Yunus, Sitti Rahma., dkk. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Terpadu Model Connected. Jurnal Sainsmat, September 2016, Vol. V, No. 2, Halaman 183-190.




DOI: https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Edukasia telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Edukasia by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jie.