Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Devita Permata Putri, Iis Holisin, Junaidi Fery Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperiment Design yang dilakukan di SMP Negeri 53 Surabaya. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan jumlah sampel yang digunakan masing-masing pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pre-test/post-test kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol  sebesar 72,61 dengan standar deviasi 4,309 dan peningkatannya  termasuk kategori sedang yaitu 0,53; (2)  Rata-rata kemampuan  kemampuan berpikir kritis  siswa kelas eksperimen  sebesar 84,74 dengan standar deviasi 0,596 dan peningkatannya  termasuk kategori tinggi yaitu 0,73; (3)  Hasil uji t terhadap post-test kemampuan berpikir kritis  matematis siswa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4.264>2.000298 sehingga terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (4) Hasil angket respon siswa sebesar  85,78% siswa menyatakan respon poitif terhadap pemeblejaran matematika dengan pendekatan RME.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Pendekatan RME

Full Text:

PDF

References


Efendi, F. J., & Syarifuddin. (2021). Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Budaya dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 24-32.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Praga Bongpas. Jurnal Pendiidkan Matematika, 1(1), 15-20.

Fahrurrozi, S. H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019, Agustus). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hingher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, pp. 21-24.

Nurjaman, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pemelajaran Pendidikan Agama Isalam melalui Implementasi Desain Pembelajaran Assure. Indramayu: Penerbid Adab.

OECD. (2018). oecd.org. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84-93.

Rahmawanty, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kegiatan Pendidikan Matematika), 201-210.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidika Kimia, 13(1), 2239-2253.

Rizqi, M., Kumala, F. N., & Yasa, A. D. (2019, November). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantu Media Fabel Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika MI. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, pp. 524-534.

Samani, M., Soebardhy, Ibrahim, M., Ispardjadi, Walujo, Arif, A., . . . Holisin, I. (2020). Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.

Simarmata, J., & dkk. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Verawati, & Desprayoga. (2019, Januari 12). Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang , pp. 1183-1192.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.