ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN RATIONALS DAN ARTISANS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMK ditinjau dari tipe kepribadian rationals dan artisans. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive random sampling yaitu dua orang siswa dari kelas XI SMK di Kabupaten Ciamis dengan tipe kepribadian tiap individu yang berbeda berdasarkan tipe kepribadian David Keirsey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian rationals hanya mampu menguasai 5 komponen kemampuan literasi matematika, sedangkan subjek dengan tipe kepribadian rationals mampu menguasai empat komponen literasi matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecendrungan dalam kemampuan literasi matematika dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian rationals mampu menggunakan strategi pemecahan masalah dengan sifat matematisasinya dan kecepatan dalam penggunaan alat matematika, sedangkan kemampuan literasi matematika dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian artisans mampu menyajikan kembali dan mengkomunikasikan soal yang telah dia kerjakan dengan menggunakan simbol, bahasa formal, dan teknik yang tepat.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Tipe Kepribadian
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2018). Buletin APLII (Eds 22). https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018
Creswell, J.W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019, February). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 247-267).
Keirsey, D., & Bates, M. M. (1984). Please understand me. Prometheas Nemesis. http://b-ok.org/book/685202/b0732e
KEMDIKBUD. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Cpvid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158
OECD. (2010). The Programme for International Student Assessment (PISA). http://www/oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf
--------. (2018). PISA 2015: PISA Result In Focus. http://www.oecd.org
Per, M., & Beyoglub, A. (2011). Personality types of students who study at the departments of numeric, verbal and fine arts in education faculties. Procedia Social and Behavioral Sciences, 12, 242–247. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042811001224
Sofiani, Y. (2019). Profil Translasi antar representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Suryosumunar, J. A. Z. (2019). Konsep Kepribadian dalam Pemikiran Carl Gustav Jung dan Evaluasinya dengan Filsafat Organisme Whitehead. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat, 2(1), 18-34.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. Jurnal al-qardh, 4(1), 60-75.
Wijaya, H. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.