PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERBANTUAN DESMOS PADA SISWA SMA KELAS X

Dwy Damayanti, Jayanti Putri Purwaningrum, Himmatul Ulya

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan berbantuan Desmos lebih baik dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran direct instruction. Penelitian dilaksanakan di kelas XE7 dengan jumlah siswa 36 siswa dan XE5 dengan jumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Adapun, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang berfungsi mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Analisis data yang adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data meliputi uji t dua sampel independent. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai p-value yaitu 0,003 ≤ 0,025. Artinya rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan berbantuan Desmos lebih baik dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran direct instruction


Keywords


Connected mathematics project; kemampuan koneksi matematis; Desmos

Full Text:

PDF

References


Afdila, N., & Manaf, F. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri kelas XI. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 28–35. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Buliali, J. L., & Andriyani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Bagi Siswa Tunarungu Development Learning Media Of Circle Using Android-Based. Jurnal Pendidikan Matematika Pengembanga, 7(2), 170–185.

Ghofur, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Experiential Learning dengan Assesmen Unjuk Kerja berdasarkan Self Efficacy. 80.

Harisuddin, M. I. (2020). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 1 Pagaden. E-Jurnal Mitra Pendidikan.

Hasbana, A. F. (2019). Efektivitas pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTS N 2 Demak. http://eprints.walisongo.ac.id/10384/

Hutneriana, R., Hidayah, I., Isnarto, I., & Dwijanto, D. (2022). Systematic Literature Review : Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. 926–929.

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands on Activities. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2463

Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857–1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409

Purwaningrum, J. P. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sd Melalui Circuit Learning. Jpsd, 2(2), 125–137.

Puteri, W. J., & Riwayati, S. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (CMP). Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.161-168

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Romandhona, A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Clark Leonard Hull Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.4698

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wahyuni, M. S. S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model connected mathematic project (cmp) untuk melatih kemampuan spasial siswa. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38455




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.