KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI
Abstract
Studi ini meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal numerasi yang akan ditinjau berdasarkan kemandirian belajar kategori tinggi dan sedang. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pembangunan Nasional yang terdiri dari satu siswa tipe kemandirian belajar tinggi, dan satu siswa tipe kemandirian sedang. Dalam penelitian ini, angket kemandirian belajar, tes soal, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan tirangulasi metode. Menurut analisis, subjek dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, Sementara subjek dengan kemandirian belajar sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis dari total semua indikator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiani, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Ariyanto, L., & Kusumaningsih, W. (2022). Minimum Competency Assessment Design to Improve Mathematical Literacy in Junior High Schools. KnE Social Sciences, 64-75.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Mtsn 4 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 74–77
Dewi, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makassar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar Repositori.
NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics.
Praktitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–112.
Pramesti, T., Sukamto, & Wardana M. Yusuf Setia. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Rahmawati, N. D., Rubowo, M. R., & Rahmayani, I. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Universitas PGRI Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 72- 80.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 25. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV.Alfabeta.
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. RAINSTEK Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45.
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa madrasah tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-110.
Tim, G. L. N. (2017). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jakarta: Kemendikbud
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (Nea) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 78–83.
Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 41(2), 84–93
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.