VALIDITAS BUKU AJAR MATEMATIKA SMP SEBAGAI PENGUAT ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DENGAN KONTEKS SOSIAL BUDAYA JAWA TIMUR

Rayinda Aseti Prafianti, Nur Ilmayasinta, Ifroha Anita Silvia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas buku ajar matematika SMP sebagai penguat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pengembangan buku ajar ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari fase pendahuluan, fase prototipe, dan fase evaluasi. Uji validitas dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Validator ahli materi terdiri dari dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Lamongan dan guru matematika SMP sedangkan validator ahli media terdiri dari dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Lamongan dan dosen Sistem Informasi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Instrumen penelitian berupa angket validasi yang selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis kuantitatif. Aspek yang dinilai dalam validasi ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa, sedangkan aspek yang dinilai dalam validasi ahli media meliputi kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek kelayakan isi sebesar 3,6 (valid), aspek kelayakan penyajian sebesar 3,5 (valid), aspek kelayakan bahasa sebesar 3,6 (valid), rata-rata penilaian ahli materi sebesar 3,6 (valid), (2) nilai validasi pada indikator ukuran buku ajar sebesar 3,9 (valid), indikator desain sampul buku ajar sebesar 3,7 (valid) dan indikator desain isi buku ajar sebesar 3,6 (valid). Rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,7 (valid).


Keywords


Pengembangan; Buku Ajar; Asesmen Kompetensi Minimum

Full Text:

PDF

References


Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, An. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research. (N. Nieveen & T. Plomp, Ed.). Netherlands.

Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi (Developing Mathematics Problems based on PISA Using Jambi Context). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207.

Handayani, M., Perdana, N. S., & Ukhlumudin, I. (2021). Readiness of Teachers and Students to Take Minimum Competency Assessments. Proceedings of the International Conference on Educational Assessment and Policy (ICEAP 2020), 545(Iceap 2020), 73–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.067

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila.

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Kurniasih, I. (2021). Kupas Tuntas Asesmen Nasional. Jakarta: Kata Pena.

Kusmaharti, D., Fiantika, F. R., Rusminati, S. H., & Yustitia, V. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Ketuntasan Minimum Bagi Guru Sekolah Dasar, 3(1), 196–202.

Mawaddah, S., Noorbaiti, R., Aulia, M., Eryanto, A. N. E., & Mahlina, O. (2022). Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Konteks Lingkungan Lahan Basah Khas Kalimantan Selatan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 24. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12062

Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyadi, & Nursetyo, K. I. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi dan Numerasi Berbasis TIK Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(2), 75–86. https://doi.org/10.21009/jpi.052.11

Purnomo, H., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., Sisworo, Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Test of Minimum Competency Assessment (MCA) in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15335a

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178

Rahmi, Z. (2022). Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.