PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 11 BINTAN

Yudhi Hanggara, Riska Nur Aini

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berupa modul pada materi lingkaran dengan pendekatan kontekstual untuk SMP kelas VIII, serta mengetahui kualitas bahan ajar ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan modul dilakukan berdasarkan model 4D (four-D) namun dalam penelitian ini yang dilakukan 3 tahapan dengan tahapan define, desain, dan development. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian modul untuk ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan, soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan, serta angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 11 Bintan pada kelas VIII E. Hasil penelitian ini berupa modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa modul yang dikembangkan sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Ajoke, A. R. (2017). The Importance of Instructional Materials in Teaching English as a Second Language. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 6(9), 36–44.

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Daryanto. (2013). Penyusunan Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. Undang-undang No 20 Tahun 2003. , (2003).

Hanggara, Y., Agustyaningrum, N., & Hermansah, H. (2018). Pengembangan modul statistik berbasis PMR untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Mercunatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 29–36. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.583

Nasiroh, D. (2014). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMP Terbuka Kelas IX. Universitas Negeri Yogyakarta.

Olumorin, C. O., Yusuf, A., Ajidagba, U. A., & Jekayinfa, A. . (2010). Development of Instructional materials from local resources for art-based courses. Asian Journal of Information Technology, 9(2), 107–110.

Shahidayanti, T., & Dhoruri, A. (2014). Pengembangan Modul pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pengembangan Research and Development. Bandung: Alphabeta.

Warso, A. W. D. . (2016). Publikasi ilmiah pembuatan buku, modul, diktat, & nilai angka kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yani, R. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.