VALIDASI LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN GEOGEBRA

Rizka Lutviana Safitri, Dian Nataria Oktaviani, Isnani Isnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan geogebra pada materi trigonometri di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (research and development). Desain Model pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, develop, implementation, evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media. Hasil validasi dari penilaian ahli materi LKPD dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan geogebra pada kelas X trigonometri adalah 86,4% dengan kriteria "valid", sedangkan validasi dari penilaian ahli media mencapai 88,03% dengan kriteria "valid". Berdasarkan hasil validasi, LKPD yang dikembangkan memiliki kriteria valid atau layak pada penilaian validitas.


Full Text:

PDF

References


Andarwati, D., &Hernawati, K. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Topik Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp. 166-174).

Dewi, A. S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. JIPMat, 4(1).

Dinantia, A., & Amran, E. Y. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Hierarki Konsep pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-10.

Hamid, Hamdani. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayati, F., Isnani, I., & Susongko, P. (2017). PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JPMP, 1(1).

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004, July). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. In Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference.

Kartana, Tri Jaka. (2014). Landasan dan Kontents Pendidikan. Tegal: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.

Matsun, M., Darmawan, H., & Fitriyanti, L. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH TOPIK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 30-40.

Mustikasari, M., Isnani, I., & Susongko, P. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerikmateri Pokok Statistika. JPMP, 1(1)

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika SMP/MTS Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 153-156.

Permendikbud no 69 tahun 2013. Kerangka Dasar DanStruktur Kurikulum Sekolah MenengahAtas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.