PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULTPYGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan Media Pembelajaran ULTPYGO. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 3 Sendana. Dalam proses pembelajaran TGT, siswa melakukan permainan dengan menggunakan ULTPYGO untuk menambah pengetahuan yang berkaitan dengan materi teorema Pytagoras. Proses pembelajaran yang dikaitkan dengan permainan ular tangga sangat mempengaruhi keaktifan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain hanya belajar, siswa juga dapat bermain seperti ular tangga pada umumnya sehingga siswa sangat mudah mendapatkan pengetahuan mengenai teorema Pythagoras melalui permainan ULTPYGO tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir siklus dan pengamatan melalui lembar observasi siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 73,91% pada siklus I menjadi 91,30% pada siklus II dan nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,59 rentang nilai pada siklus I 39 standar deviasi siklus I adalah 11,15 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II mencapai 82,96 rentang nilai pada siklus II 43 standar deviasi siklus II 11,11. Meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan Media Pembelajaran ULTPYGO kelas VIII B SMPN 3 Sendana mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdur, dkk. 2014. Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ahmad, Herlina. 2017. Efektifitas Penggunaan Alat Peraga KODAMA dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal
Pendidikan Vol. 13 No. 2. 2017.
Ali P. 2016. Model Model Pembelajaran. Polewali. Modul Pembelajaran
Universitas Al Asyariah Mandar.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ferdiansyah. 2012. Media-Pembelajaran-Matematika. (http://Ferdiansyah16.blog
spot.com/2012/09/media-pembelajaran-matematika.html. Diakses 20
Maret 2014
Hosnan. 2014. Pendidikan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Nenena. 2013. Hidup Smart Materi Matematika Kelas 8 SMP_MTSn BAB 5 Teorema Pythagoras. Diakses 26 Mei 2013
Nursyamsi. 2012. Defenisi Media Pembelajaran. (http://neozonk.wordpress.com/2012/09/19/defenisi-media-pembelajaran/&ei. Diakses 20 April 2016).
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung. Alfabeta.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 13. Jakarta. Prestasi Pustakaraya.
Taufik. 2012. Hasil Belajar Matematika. (Http://mtaufiq.blogspot.com/2012/12/Hasil-Belajar-Matematika.html. Diakses 5 Desember 2012)
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya. Kencana Prenada Media Group.
Wicaksono, Herman Rudi. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Media Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan UNS Vol. 1 No. 2. 2013.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.5480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.