ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PANDEMI COVID-19

Hutami Sri Purbayanti, Ponoharjo Ponoharjo, Dian Nataria Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan video pembelajaran matematika pada pandemi Covid-19, materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan video pembelajaran. Berdasarkan wawancara, sebanyak 5 subjek dapat melihat tampilan dan mendengar suara dari video pembelajaran tetapi 3 subjek mempunyai kendala saat melihat tampilan video pembelajaran. 3 subjek sudah dapat fokus saat materi diberikan melalui video pembelajaran tetapi 2 subjek belum dapat fokus. 3 subjek mulai tertarik dengan pembelajaran matematika secara online menggunakan video pembelajaran tetapi 2 subjek belum tertarik. 5 subjek merasa kebingungan saat pelajaran matematika di masa pandemi menggunakan video pembelajaran. 3 subjek bersemangat mengikuti pelajaran matematika dengan menggunakan video pembelajaran tetapi 2 subjek belum bersemangat. 1 subjek dapat memotivasi untuk belajar sendiri saat menggunakan video pembelajaran tetapi 4 subjek belum termotivasi untuk belajar sendiri. 4 subjek merasa bahwa video pembelajaran sudah menggunakan gambar dan bahasa yang mudah diingat tetapi 1 subjek belum merasa karena bahasanya sulit dipahami. Selama pandemi Covid-19, 2 subjek sudah menggunakan video pembelajaran tetapi 2 subjek belum menggunakan video pembelajaran. 5 subjek merasa dirugikan ketika mengikuti pelajaran matematika yang menggunakan video pembelajaran.

Keywords


Mathematics Educations

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2017. Pengaruh Kebiasaan Bermain Game dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub. Cakrawala, 10.

Fadhil, M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33.

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses 22 April 2020.

Iskandar, B. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran di Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (sebuah pendekatan terbaru). Jakarta: Kata Pena.

Nuzuliana, A.H., Bakri, F. & Budi, E. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jorunal), 4(28).

Oktaviani, Dian N & Rokhman, M. Shaefur. 2014. Pengembangan Modul Statistika Matematika I Berbasis Kontruktivisme pada Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal. Cakrawala, 83.

Ponoharjo. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tegal.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rufi’atna, M.P. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Temas Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VB SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (Covid-19). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widyastuti, C. (2017). Tanggapan Siswa Kelas VII Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Pleret. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5(5).




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.