TEHNIK SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN PERNYATAAN PADA MAHASISWA

Puji Rahayu, Warli Warli, Imas Cintamulya

Abstract


Artikel ini mengkaji teori tentang tehnik scaffolding dalam meningkatkan kemampuan membuktikan pernyataan pada mahasiswa. Kajian dalam artikel bertujuan memberikan penjelasan tentang bagaimana tehnik scaffolding dalam meningkatkan kemampuan membuktikan pernyataan. Kemampuan membuktikan pernyataan sangat penting bagi mahasiswa matematika, mengingat pentingnya hal tersebut, maka perlu diberikan tehnik perkuliahan yang bias membantu dalam tahap awal perkuliahan kemudian mengurangi bantuan dengan memberikan tanggung jawab atau kesempatan pada mahasiswa menjadi mahasiswa yang mandiri dan bisamengoptimalkan kemampuannya. Tehnik scaffolding telah banyak digunakan dan diteliti untuk mewujudkan tujuan perkuliahan dan kesuksesan mahasiswa.  Teori yang di rangkum oleh penulis didukung  dari berbagai sumber dan teori yang telah dirangkum yang dijadikan acuan penulis untuk menguatkan pendapat.

Keywords


tehnik scaffolding,kemampuan membuktikan pernyataan

Full Text:

PDF

References


D. Suryadi, “Model bahan ajar dan kerangka kerja pedagogis matematika untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi,” Unpubl. Res. Report. Bandung SPS UPI, 2007.

P. Petocz and N. Smith, “Materials for learning mathematical statistics,” Sydney Univ. Technol., 2007.

R. C. Moore, “Making the transition to formal proof,” Educ. Stud. Math., vol. 27, no. 3, pp. 249–266, 1994.

D. Solow, Linear programming: An introduction to finite improvement algorithms. Courier Corporation, 2014.

J. Selden and A. Selden, “Unpacking the logic of mathematical statements,” Educ. Stud. Math., vol. 29, no. 2, pp. 123–151, 1995.

J.-J. Lo and R. McCrory, “Proof and proving in a mathematics course for prospective elementary teachers,” ICME Study, vol. 19, no. 2, pp. 41–46, 2009.

H. D. VanSpronsen, “Proof processes of novice mathematics proof writers,” 2008.

T. G. Ratumanan, “Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa.” University Press, 2002.

R. E. Slavin, Educational psychology: Theory and practice. 2019.

F. H. Bikmaz, Ö. ÇELEB, A. T. A. Aslıhan, Ö. Eren, Ö. SOYAK, and H. REÇBER, “Scaffolding strategies applied by student teachers to teach mathematics,” Int. J. Res. Teach. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 25–36, 2010.

P. Rahayu, W. Warli, and I. Cintamulya, “SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR,” JIPMat, vol. 5, no. 1, 2020.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.