PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Ida Zubaida, Widya Kusumaningsih, Rina Dwi Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan linguistik dan kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini  yaitu siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 subjek, 2 subjek dengan kecerdasan linguistik dan 2 subjek dengan kecerdasan logis matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek AAS dengan kecerdasan lingusitik tidak memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis tetapi hanya memenuhi indikator focus dan subjek LDK dengan kecerdasan linguistik hanya memenuhi indikator focus dan reason. Subjek MNA dengan kecerdasan logis matematis memenuhi indikator focus, reason, situation,inference, clarity dan subjek MAN dengan kecerdasan logis matematis memenuhi semua indikator focus, reason, situation, inference, clarity, dan overview.


Keywords


Berpikir Kritis; Kecerdasan Linguistik; Kecerdasan Logis Matematis

Full Text:

PDF

References


Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Fitria Febriana, D. (2016). Profil Berpikir Kreatif Siswa Smp Berkecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, Dan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Persegipanjang. MATHEdunesa, 2(5), 9–18.

Gardner, H. (2013). Kecerdasan Majemuk (Teori dalam Praktik) (L. Saputra (ed.)). Interaksara.

Hasan Basri. (2013). Landasan Pendidikan. Pustaka Setia.

Irvaniyah, I., & Akbar, R. O. (2014). Analisis

Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Ipa Ma Mafatihul Huda). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 138–159. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.11

Jacob, S. M., & Sam, H. K. (2008). Measuring Critical thinking in Problem Solving through Online Discussion Forums in First Year University Mathematics. I, 19–21.

Karim, A. (2011). upaya meningkatkan kemampuan meningkatkan operasi perkalian melalui permainan dakon dan kartu warna pada siswa kelas II semester II. Henti Widiastuti, 1, 21–32.

Linda, K., Berpikir, I., Siswa, K., Kusumawardani, L., Fatahillah, A., Matematika, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2015). Identifikasi Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII-E SMP Negeri 1 Jember ( Identification of Students ’ Critical Thinking in Mathematical Problem Solving for Triangle Chapter of VII-E Grade at SMP N. 1–6.

Mahmuzah, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 4(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Marlina, E. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Pembelajaran Matematika Melalui Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Metamorfosis Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 12–16. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v3i2.531

Mujib, M. (2019). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori Bloom Ditinjau Dari Kecerdasan Multiple Intelligences. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 87–103. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3534

Rahayuningsih, S., & Kristiawan, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), September, 245–253.

Rahimah, N. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 59–68.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/937/875

Salahuddin, M., & Syahrir, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Materi Fungsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1122

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untukMenghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.

Sulistianingsih, P. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129–139. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1899

Sutriadi, I. M. A., Paloloang, B., & Bennu, S. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Dan Volume Balok. 6(2).

Ulfa, M. (2019). Profil Berpikir Kreatif Siswa Berkecerdasan Linguistik dan Siswa Berkecerdasan Logis-Matematis SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. MATHE Dunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 14–20.

Umar, W. (2017). Constructing Means Ends Analysis Instruction to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Mathematical Habits of Mind Dispositions. International Journal of Education and Research, 5(2), 261–272.

Wardhani, N. K., Rasiman, R., & Wulandari, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak (T. Suhartati & S. F. S. Sirate (eds.)). Kencana.

Yunita, N. W., Hobri, Oktavianingtyas, E., Sunardi, & Yudianto, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Kadikma, 9(3), 1–10.

Zulaihah, M., & Rahaju, E. B. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Himpunan ditinjau dari Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.9887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.