PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DENGAN METODE BOHR AND STONER PADA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis Augmented Reality (AR) untuk materi konfigurasi elektron dengan metode Bohr dan Stoner pada kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan uji coba terhadap siswa kelas X SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran kimia berbasis AR mampu menghasilkan produk yang sangat baik dan mudah digunakan dalam konteks pembelajaran yang praktis. Respon positif juga diperoleh dari siswa terkait penggunaan media AR dalam proses pembelajaran. Media ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di sekolah menengah atas, dengan memanfaatkan teknologi AR untuk memperkuat pemahaman konsep abstrak seperti konfigurasi elektron. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran kimia di tingkat SMA.
Kata kunci: Augmented Reality, Konfigurasi elektron, Metode Bohr dan Stoner.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, R., & Arifin, B. s. (2020). ADRAGOGI Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung Pustaka TRESNA BHAKTI Bandung.
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.
Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dewi, R. K. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis E-learning pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 8 Semarang,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.
Dr. Munir Yusuf, M. (2023). Dr. Munir Yusuf, M.Pd. Yogyakarta: SELAT MEDIA PATNERS.
Fantiani, C., & Afgani, M. W. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.
Febrita, Y., & ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA.
Hasanah, N., & Zakir, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Cisco Webex Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Di Sman2 Mandau. ANTHOR Education and Learning Journal.
Haq, R. S., Ariyanto, L., & Priyolistiyanto, A. (2020). Rancang bangun augmented reality sebagai media pembelajaran materi RNA DNA berbasis android pada kelas XII SMA. Jurnal SIstem Informasi dan Teknologi, 1-5.
Iswara, G., Kuswandi, D., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan Simulasi Untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 58–68.
JUNAIDI. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar .
Kharolinasari, R., Susatyo, E. B., & Sarwana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Happy Chemist Pada Materi Hidrolisis Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2547–2560.
Molina, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality. VoteTEKNIKA.
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education.
Nurfadillatul Hasanah, S. Z. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Cisco Webex Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Di SMAN 2 Mandau. ANTHOR Education and Learning Journal.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK. Kota Pasuruan, Indonesia: Lembaga Academic & Research Institute.
Rizky B Khaerudin, A. S. (2023). Desain Didaktis Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi. ORBITAL: JURNAL PENDIDIKAN KIMIA.
Rosid, M. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA: Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pembelajaran Fisika.
Rusdiana, A., & Arifin, B. S. (2020). Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Selfia, K. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Augmented reality Bagi Siswa Smk Kelas X. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.
Sudjana. (2006). Metode Statistika. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: ALFABETA.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. S. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN. Mahameru Press.
Vemsi Damopolii, N. B. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME).
Yuhdi, A., & Amalia, N. (n.d.). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. BASASASTRA, 2018.
Yusa, I. W., Wulandari, A. Y., Tamam, B., & Rosidi, I. (2023). Development of Augmented reality (AR) Learning Media to Increase Student Motivation and Learning Outcomes in Science. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9 (2), 2023, 127-145.
DOI: https://doi.org/10.26877/jitek.v10i1/Mei.19034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats
Barcode ISSN Jurnal JITEK:
p-ISSN e-ISSN
JITEK telah terindeks pada:
JITek: Jurnal Ilmiah Teknosains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2460-9986 | e-ISSN (Online) 2476-9436.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/jitek.