STUDI PERBANDINGAN SIFAT MEKANIK FIBERGLASS DAN KOMPOSIT SERAT RAMI BERMATRIKS EPOXY APLIKASI KAPAL PERIKANAN
Ratih Purnama Sari, Juniawan Preston Siahaan, Hafiz Ziddin, Angger Bagus Prasetiyo, Rizqi Ilmal Yaqin Ilmal Yaqin
Abstract
Kapal perikanan di Indonesia umumnya menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Selain kayu bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal perikanan yaitu komposit fiberglass. Namun, harga dari bahan komposit fiberglass sangat tinggi. Alternatif yang ditawarkan yaitu dengan pergantian matriks fiberglass dengan serat alam. Salah satu serat alam yang melimpah di Indonesia yaitu serat rami. Perbandingan sifat mekanik pada komposit fiberglass dan serat rami sangat perlu dipelajari. Pembuatan komposit fiberglass dan serat rami pada penelitian ini menggunakan metode hand lay up. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini pada pengujian densitas yaitu pada kompoit fiberglass dan komposit serat rami secara berturut-turut yaitu 1,32 gr/cm3 dan 0,93 gr/cm3. Sedangkan pengujian kekerasan didapatkan nilai secara berturut-turut yaitu sebesar 73,23 shore D dan 56,64 shore D. Pengujian tarik didapatkan nilai kekuatan tarik pada komposit fiberglass 138,65 MPa, sedangkan nilai kekuatan tarik komposit rami sebesar 25,17 MPa. Sedangkan elongansi komposit fiberglass yaitu 7,45% sedangkan komposit rami yaitu 0,54%. Hasil foto makro patahan pada komposit rami memiliki patahan tidak sempurna sedangkan komposit fiberglas memiliki patahan yang memperlihatkan patahan berpenguat tinggi.
Keywords
fiberglass, serat rami, sifat mekanik, kapal perikanan