HABITUASI MEMBACAKAN BUKU CERITA UNTUK KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI

Nur Hidayah, Arri Handayani, Iin Purnamasari

Abstract


TK Muslimat NU  Masyithoh 04 Kergon Kota Pekalongan yang merupakan lembaga PAUD di Kota Pekalongan yang mempunyai Program kegiatan membacakan buku cerita untuk anak sebagai gerakan keaksaraan awal.   Pembelajaran  pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak sudah diprogramkan dan dilaksanakan oleh guru dan orang tua sejak tahun 2016, namun  untuk yang membacakan buku cerita oleh orang tua  belum maksimal dan belum dilaksanakan secara rutin karena kesibukan orang tua, membacakan buku cerita anak dikembalikan lagi kepada sekolah. Program pembiasaan ini dilaksanakan setiap pagi yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas, tetapi pembiasaan membacakan buku cerita belum berjalan secara optimal karena hanya 1 minggu sekali, pendidik kurang dalam menekuni dalam pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak. Maraknya teknologi dan pembelajaran daring sehingga anak  sering menggunakan handpone, dan menonton televisi yang ada media gambar bergerak dengan bermacam warna. Salah satu upaya yang dilakukan oleh TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon adalah dengan kegiatan habituasi atau pembiasan membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal  pada anak usia dini.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan   awal anak usia dini. Tempat Penelitian adalah di TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon Jalan Sulawesi Gg 3 No. 15 Kelurahan Bendan Kergon Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan April – Juni  2022. Subyek  yaitu  pendidik yang berjumlah 5 dan 1 kepala sekolah. Penelitian ini yang diteliti adalah aktivitas guru dalam habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal anak usia dini bagaimana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologsi yaitu melihat fenomena yang terjadi dan tindakan apa yang dilakukan untuk kegiatan tersebut. Teknik pengumpulan data mengumpulkan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan  dokumentasi. Habituasi membacakan buku cerita dari pendidik kepada anak didiknya dalam penelitian ini dilakukan secara rutin setiap hari pada pagi hari sebelum pembelajaran inti dengan durasi kurang lebih 30-45 menit. Terdapat pojok-pojok baca di setiap ruangan kelas. Adanya program sedekah buku setiap 1 bulan sekali dari wali murid.  Habituasi membacakan buku cerita menambah ketertarikan dan minat baca akan buku sehingga untuk mengenalkan keaksaraan awal anak usia dini disamping itu juga  bisa mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak dengan baik. Kosa kata anak bertambah, pengenalan literasi dan kegiatan membaca dari kebiasaan yang distimulus oleh pendidik menjadikan  keterampilan anak bertambah.


Full Text:

PDF

References


Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta : Prestasi pustaka.

Lusia Tri Astuti. 2009. Matematika.Untuk Sekolah Dasar Kelas V.BSE. Pusat

Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional, hal. 101 – 103.

Wina Sanjaya. (2013) .Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana

YD Sumanto.2008.Gemar Matematika 5. Umtuk Kelas VI SD/MI.BSE. Pusat

Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional, hal 110 – 116




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.12967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.