HABITUASI MEMBACAKAN BUKU CERITA UNTUK KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI
Abstract
TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon Kota Pekalongan yang merupakan lembaga PAUD di Kota Pekalongan yang mempunyai Program kegiatan membacakan buku cerita untuk anak sebagai gerakan keaksaraan awal. Pembelajaran pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak sudah diprogramkan dan dilaksanakan oleh guru dan orang tua sejak tahun 2016, namun untuk yang membacakan buku cerita oleh orang tua belum maksimal dan belum dilaksanakan secara rutin karena kesibukan orang tua, membacakan buku cerita anak dikembalikan lagi kepada sekolah. Program pembiasaan ini dilaksanakan setiap pagi yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas, tetapi pembiasaan membacakan buku cerita belum berjalan secara optimal karena hanya 1 minggu sekali, pendidik kurang dalam menekuni dalam pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak. Maraknya teknologi dan pembelajaran daring sehingga anak sering menggunakan handpone, dan menonton televisi yang ada media gambar bergerak dengan bermacam warna. Salah satu upaya yang dilakukan oleh TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon adalah dengan kegiatan habituasi atau pembiasan membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal anak usia dini. Tempat Penelitian adalah di TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon Jalan Sulawesi Gg 3 No. 15 Kelurahan Bendan Kergon Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan April – Juni 2022. Subyek yaitu pendidik yang berjumlah 5 dan 1 kepala sekolah. Penelitian ini yang diteliti adalah aktivitas guru dalam habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal anak usia dini bagaimana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologsi yaitu melihat fenomena yang terjadi dan tindakan apa yang dilakukan untuk kegiatan tersebut. Teknik pengumpulan data mengumpulkan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Habituasi membacakan buku cerita dari pendidik kepada anak didiknya dalam penelitian ini dilakukan secara rutin setiap hari pada pagi hari sebelum pembelajaran inti dengan durasi kurang lebih 30-45 menit. Terdapat pojok-pojok baca di setiap ruangan kelas. Adanya program sedekah buku setiap 1 bulan sekali dari wali murid. Habituasi membacakan buku cerita menambah ketertarikan dan minat baca akan buku sehingga untuk mengenalkan keaksaraan awal anak usia dini disamping itu juga bisa mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak dengan baik. Kosa kata anak bertambah, pengenalan literasi dan kegiatan membaca dari kebiasaan yang distimulus oleh pendidik menjadikan keterampilan anak bertambah.
Full Text:
PDFReferences
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta : Prestasi pustaka.
Lusia Tri Astuti. 2009. Matematika.Untuk Sekolah Dasar Kelas V.BSE. Pusat
Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional, hal. 101 – 103.
Wina Sanjaya. (2013) .Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana
YD Sumanto.2008.Gemar Matematika 5. Umtuk Kelas VI SD/MI.BSE. Pusat
Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional, hal 110 – 116
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.12967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.