PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENDIDIKAN INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF)

Fijanatul Karimah, Anita Candra Dewi Sagala, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini yang disingkat menjadi PAUD, Merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Perkembangan anak yang perlu diperhatikan adalah dalam menumbuhkan perilaku yang memiliki ciri-ciri nilai karakter yang baik yang menjadikan anak mampu menghadapi kehidupan saat dewasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter anak diantaranya nilai kejujuran, kesopanan dan nilai kemandirian di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “Annisa” Jenggot Kota Pekalongan. Dalam mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter juga diperlukan adanya kerjasama peran orang tua dalam melakukan pembiasaan yang sudah dilakukan disekolahan. Metode pendekatan dalam penelitian ini secara umum adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan untuk memunculkan suatu produk yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah Kenaikan hasil kemampuan nilai-nilai karakter dalam program pendidikan Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang dilakukan dengan terintegrasi dalam pembelajaran sekaligus pembiasaan dikehidupan sehari-hari yang mampu memaksimalkan perkembangan kemampuan nilai karakter anak itu sendiri.


Full Text:

PDF

References


Abdi, M. (2018). The implementation of character education in kalimantan, indonesia:

multi site studies. DINAMIKA ILMU, 18, 17.

Abdi, M. (2018). The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia:

Multi Site Studies. Dinamika Ilmu, 317.

Abdullah Sani, R., & Kadri, M. (2016). Pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Almerico, G. (2014, Oktober). Building character through literacy with children’s

literature. Research in Higher Education Journal, 26, 13.

Almerico, G. (2014). Building character through literacy with children’s literaturE.

Research in Higher Education Journal, 26, 2.

Ansori, R. M. (2016). Strategi penananaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta

didik. Jurnal Pusaka, 8, 14-32. Retrieved from

http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/strate

gi-penanaman-nilai-islam/86

Arifin, A.-R., & Fardana, N. (2014). Peran pendidik PAUD dalam mengimplementasikan

pendidikan karakter melalui metode pembejaran sentra dan lingkaran.

JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3, 3.

Arifin, A.-R., & Fardana, N. (2014, Desember). Peran pendidik PAUD dalam

mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran

sentra dan lingkaran. JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 11.

Avalentina, K. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Trenggalek

dengan Sub Tema "Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Semester II

Sekolah Dasar. Jakarta.

Barus, G. (2015). Menakar hasil pendidikan karakter terintegrasi di SMP. Cakrawala

Pendidikan, 2.

Berkowitz, M. (2018). Using research to set priorities for character education inschool

: A global prespective. KEDI journal of educational policy, 15-661.

Cahyaningrum, E., Sudaryanti, & Purwanto , N. (2017). Pengembangan nilai-nilai

karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal

Pendidikan anak usia dini, 6, 11. Retrieved from

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17707

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020, Juni). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan

Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Journal Golden age, 04, 8.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD LECTURA: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 1.

Effendi, H., & Hedriyani, Y. (2016). Pengembangan model blended learning interaktif

dengan prosedur brog and gall. International Seminat Education (ISE), 2,

-66. Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/zfajx/

Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018, juli-desember). Pengembangan karakter

anak di Indonesia heritage foundation (IHF) depok. Jurnal Penelitian

Pendidikan Islam, 3. Retrieved from https://riset-

iaid.net/index.php/jppi/article/view/294

Fitroh, S., & Sari, E. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak

usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 76-149.

Frimayanti, A. (2017). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam.

Jurnal Pendidikan Islam: AL-TADZKIYYAH, 230.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. Jurnal Kajian

Perpustakaan dan Informasi, 1, 21-29.

Halimatussa'diyah. (2020). Nilai-nilai pendidikan agama islam multikultural. Surabaya:

CV. Jakad Media Publishing. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/NILAI_NILAI_PENDIDIKAN_AGAM

A_ISLAM_MULTI/9tvoDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&pr

intsec=frontcover

Hasan, S. H., & dkk. (2018). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran

berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter

bangsa. Jakarta: Kemeterian Pendidikan Nasional. Retrieved from

http://new-

indonesia.org/beranda/images/upload/dok/kurikulum/pengembangan-

pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa.pdf

Hermawan, D. (2013). Sugestive parenting. Jakarta: PT Gramedia.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa

indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pemebelajaran Dasar,

-204.

Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter. Pekalongan: PT NasyaExpanding

Management (Penerbit NEM-Anggota IKAPI). Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/WAWASAN_PENDIDIKAN_KARAK

TER/Z_okEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+karakter+anak+dari+

mulyasa&pg=PA14&printsec=frontcover

Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif

budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Dinamika Sosial

Budaya, 148-160.

Jusita, M. (2016). Pengembangan nilai-nilai karakter dalam aktivitas belajar

menggunakan media pembelajaran "pecango". Jurnal Teori dan Praktis

Pembelajaran IPS, 1, 22-26.

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia

dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Pola_Pembelajaran_9_Pilar_Kara

kter_Pada/btjuDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=INDONESIA+HERITAGE+FO

UNDATION&pg=PA252&printsec=frontcover

Khasanah, l. (2016). Penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di paud

karakter nusantara. Journal unnes, 73.

Khomaeny, E., & Hamzah, N. (2019). Metode-metode pembelajaran pendidikan

karakter untuk anak usia dini menurut QS. lukman : 12-19. Tasikmalaya:

EDU PUBLISHER. Retrieved from

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=tELADwAAQBAJ&oi=fnd&

pg=PR4&dq=LANDASAN+YURIDIS+TENTANG+KARAKTER+PENDIDIKAN+AN

AK+USIA+DINI&ots=VBSi55EbDd&sig=TdbHhCRk1IdbB09Z4Enl43397E4&re

dir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Kuliyatun. (2019). Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMA

MUHAMMADIYAH 01 metro lampung. Ar-Tajdid-Universitas

Muhammadiyah Metro Lampung, 03, 180-198.

Lestary, L. (2017). Peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-

qur'an pada peserta didik madrasah ibtidaiyah (MI) diniyah putri lampung.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM, 167.

Lickona, T. (2021). Pendidikan nilai dan karakter. Jakarta: Nusa Media.

Lubis, M. d. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edu Publisher. Retrieved from

IPUSNAS.COM

Marbun, I. (2016). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Depok: Academia.

Retrieved from

https://www.academia.edu/9535707/MODEL_PENDIDIKAN_HOLISTIK_BER

BASIS_KARAKTER

Megawangi, R. (2017). Menyemai benih karakter. Depok: INDONESIA HERITAGE

FOUNDATION.

Nata, A. (2020). Pendidikan islam di era milenial. Jakarta: KENCANA. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Islan_Di_Era_Milenia

l/0OkREAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+holistik+berbasis+karak

ter&pg=PA161&printsec=frontcover

Nida, D., Parmiti, D., & Sukmana, A. (2020). Pengembangan media kartu bergambar

berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa bali.

EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 16-31.

Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Sari M, P., & M, S. (2016). Nilai-nilai karakter

pada permainan tradisional. In prosiding seminar nasional inovasi pendidikan. Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional, 2. Retrieved

from

htpps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8942/6503

Nurafiati, d. (2021). Strategy for strengthening character education in physical

education learning at makassar city elementary educational level. Journal

of Hunan University, 48, 311-320.

Nurafiati, S., Rahayu, T., Sugiharto, & Pranomo, H. (2021, juni). Strategy for

strengthening character education in physical education learning at

makassar city elementary education level. Journal of Hunan University(

Natural Sciences), 48 No.6, 314. Retrieved November Rabu, 2021

Nuraida, N. (2016). Pengembangan nilai-nilai karakter melalui pendidikan pencak silat

untuk anak usia dini. Tunas Siliwangi, 2, 59-77.

Nurwanti, S. (2014 ). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media.

Pebriana, P. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial

pada anak usai dini. Jurnal obsesi, 1-11.

Permono, H. (2018). Peran orang tua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak

untyuk membangun karakter anak usia dini. "Y.A.I", 47.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik ( E-BOOK

)oleh pemustaka di perpustakaan SMA NEGERI. JURNAL ILMU

PERPUSTAKAAN, 2, 4. Retrieved DESEMBER Kamis, 2021, from

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123

Prastyo, E. (2015). Ternyata penelitian Itu mudah. (S. Hasan, Ed.) Lumajang: EduNomi.

Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/TERNYATA_PENELITIAN_ITU_MU

DAH/XpWJDAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=PENELITIAN+4D&pg=PA43&pri

ntsec=frontcover

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. LITERASI (Jurnal Ilmu

Pendidikan), 19-32.

Puspitasari, P. (2017). Evaluasi pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter pada

guru TK. Jurnal Inovasi Pendidikan MH. Thamrin, 62-71.

Putri, D. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-

RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 37-50.

Rabiah, S. (2013, Desember). Pengembangan materi ajar bahasa makassar berbasis

nilai-nilai karakter dan kearifan lokal disekolahdasar kota makassar. INA-

Rxiv Papers, 18. Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/s8uv5/

Rianawati. (2020). Implementasi nilai-nilai karaktrer pada mata pelajaran pendidikan

agama islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Nilai_Nilai_Karakt

er_Pada_M/yhtaDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=nilai-

nilai+karakter&printsec=frontcover

Riyanto, Y. (2001). Metode Penelitian Pendidikan. SIC (Universitas Islam Surabaya), 23.

Rozana, dkk, S. (2021). Strategi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

Tasikmalaya: Edu Publisher.

Rozhana, K. (2015). Pengembangan modul berbasis potensi daerah Malang kelas IV

semester II dengan tema tempat tinggalku. The Learning University, 37.

Sabrina, U., Ardianti, S., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam menumbuhkan

karakter religius anak usia sekolah dasar selama pandemi covid 19. Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3, 11. Retrieved from

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1233/pdf

Saefurohman, A. (2011). Membangun sdm melalui pendidikan holistik berbasis

karakter dan berorientasi pemberdayaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat,

Retrieved from

http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1716

Safari, M. (2020). Psikologi anak usia dini. Riau: DOTPLUS PUBLISHER. Retrieved from

IPUSNAS.COM

Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan. Yogyakarta: Aswaja

Pressindo. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENELITIAN_PENG

EMBANGAN_RESEAR/O2nsDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+pen

gembangan&printsec=frontcover

Sari, R. K. (2021). Penelitian kepustakaan dalam penilitian pengembangan pendidikan

bahasa indonesia. JURNAL BORNEO HUMANIORA, 60-69.

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pengembangan. Jakarta: KENCANA. Retrieved

from APLIKASI I-PUSNAS

Siswono, T. (2019). Paradigma penelitian pendidikan (1 ed.). (Nita, Ed.) Bandung: PT.

REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from APLIKASI I-PUSNAS

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:

ALFABETA.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukitman , T. (2016). Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya

menciptakan sumber dan manusia yang berkarakter). JPSD: Jurnal

Pendidikan Sekolah Dasar, 2, 87.

Sulastri. (2018). Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala

University Press. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Nilai_Karakter_Dalam_Pembelaj

aran_Kimia/SpHPDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&printse

c=frontcover

Sulastri. (2018). Nilai Karkater dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala

University Press. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Nilai_Karakter_Dalam_Pembelaj

aran_Kimia/SpHPDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&printse

c=frontcover

Suryaningsih, E. (2022). Implementasi pendidikan karakter pada proses

pembelajarandi lingkungan sekolah SD MUHAMMADIYAH 1 bandar

lampung. UIN Raden Intan Lampung, 1.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses meraih Hibah Penelitian Pengembangan.

Yogyakarta: DEEPUBLISH. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Kiat_Sukses_Meraih_Hibah_Pen

elitian_Peng/-

RInDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=borg+and+gall+buku+penelitian+penge

mbangan&pg=PA33&printsec=frontcover

Syamsunardi, & Syam, N. (2019 ). Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Takalar

Sulawesi Selatan. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Keluarga_d

an_Sekolah/Ksa_DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+karakter+an

ak&printsec=frontcover

Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pendidikan_Karakter_Dal

am_Keluarga/i4dKDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai-

nilai+karakter+pada+anak&printsec=frontcover

Tegeh, M., & Kirna, M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian

pendidikan dengan ADDIE model. JURNAL IKA, 11, 2. Retrieved from

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145/1008

Wallace, M., & Poulson, L. (2006). Educational leadership & management. London:

SAGE Publications Ltd. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Learning_to_Read_Critically_in_

Education/0yPTRWCXzNkC?hl=en&gbpv=1&dq=borg+and+gall&pg=PA114

&printsec=frontcover

Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (III). Malang:

Universitas Muhammadiyah Pemalang.

Wirayasa, I., Darmayasa, P., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan instrumen penilaian

hasil belajar ranah kognitif model 4D pada materi sepak bola berdasarkan

kurikulum 2013. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN

KESEHATAN, 8, 8.

Wiseza, F. (2005). Implementasi nilai karakter jujur di drkolah bunda paud kerinci.

Dosen Tetap pada Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 4,

Yoga S, S. (2018, Januari). PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA DAN

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI. Jurnal Al-Bayan, 24.

Yuliana, N., Dahlan, M., & Fahri, M. (2020). Model pendidikan holistik berbasis

karakter di sekilah karakter indonesia heritage foundation. Jurnal

Pendidikan Dasar EDUHAMA, 24. Retrieved from

https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/15872/pd

f




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.12972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.