PENGEMBANGAN METODE MEMBATIK ECOPRINT UNTUK MENUMBUHKAN MOTORIK HALUS ANAK TK

Anna Diana Shanty, Arri Handayani, Bagus Ardi Saputro

Abstract


Perkembangan ketrampilan motorik halus anak yang sering dijumpai khususnya anak Taman Kanak-Kanak, bahwa anak-anak masih mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari-jari tangan untuk kegiatan seperti memotong, mengecat, melipat dan mengisi pola dengan merekatkan benda-benda kecil. Hal ini disebabkan antara lain keterbatasan media, anak tidak dapat memegang gunting dengan benar, tidak dapat mengikuti pola, atau kurang tepatnya metode dan strategi pembelajaran yang diberikan kepada anak serta kurang variatif dan monoton sehingga anak enggan atau malas saat melakukan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan buku pintar /flipbook metode membatik ecoprint untuk menumbuhkan motorik halus anak. Metode penelitan ini Research & Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall dengan 10 langkah, namun penelitian ini dengan delapan langkah yakni sampai dengan ujicoba lapangan. Kesimpulannya bahwa buku pintar/ flipbook membatik ecoprint terbukti layak, praktis dan efektif untuk menumbuhkan motorik halus anak TK. Orang tua dan guru dapat menggunakan buku pintar/flipbook membatik ecoprint sebagai sumber bahan ajar yang dapat menumbuhkan motorik halus anak TK, sebagai salah satu pilihan untuk mengeluarkan emosioanal anak dan mengenalkan budaya lokal batik yang ramah lingkungan serta sebagai sarana mengembangkan kreatifitas seni anak.


Full Text:

PDF

References


Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan Membatik Dalam Mengembangkan

Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92–105.https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043

Rofiah, S. D., & Mangkuwibawa, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul

Athfal (JAPRA), 3(1), 91–102. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8109

Salsabila, B., & Ramadhan, M. S. (2018). Eksplorasi Teknik Ecoprint dengan Menggunakan Kain

Linen untuk Produk Fashion. E-Proceeding of Art & Design, 5(3), 2277–2292.

Vaneza, T., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus

Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Bunda Tunas Harapan Kabupaten

Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 572–580.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/501/470

Pengetahuan, J. I., & Seni, K. (2016). Jurnal Ekspresi Seni. 18(1), 1–179.

Piliani, M., Endriani, A., & Mirane. (2019). Jurnal Transformasi Volume 5 Nomor 2 Edisi

September 2019 PLS FIP IKIP Mataram. 5(September).

Mardiana, T., Kusumawardani, R., & Wardhani, R. D. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan

Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Melukis Dengan Pasir. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 147.

https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4654

UUD RI RI No. 41. (1999). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik

Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 2003(1), 1–5.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja

&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=http

s%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-

modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-

undang-nomo

Wirawan, B. D. S., & Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan

Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan,

, 1–5.

Sundayana, I. M., Aryawan, K. Y., Fransisca, P. C., & Astriani, N. M. D. Y. (2020). Perkembangan

Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal

Keperawatan Silampari, 3(2), 446–455. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1052

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik

Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung

Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA,

(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran

Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika,

(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Clourisa, N., Susanto, A., Latief, M., & Dyah, R. (2021). Pengenalan ecoprint guna

meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi

Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 111–117.

https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974

Saraswati, R., & Restuti, R. C. (2020). Buku Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam

Menunjang Pariwisata M . H . Dewi Susilowati Ratri Candra Restuti Fajar Dwi

Pamungkas Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Alam i Indonesia Universitas. October, 1–102.

Regina, B. D., W, A. R., Wardoyo, P., Malang, U. M., Malang, M., & Malang, U. M. (n.d.).

PELATIHAN PEMBUATAN SUVENIR AKSESORI FASHION BATIK ECOPRINT BAGI

GENERASI MUDA. 1(20), 228–235.

Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar

Nasional: Seni, Teknologi Dan Masyarakat, 2, 183–187.

Tujuan, A., Rt, P. K. K., Kramas, K., Ecoprint, B., & Rt, P. K. K. (n.d.). dan 110 0 26 ’ 24 ". 627–

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada

Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase

Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.

https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui

Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1–

, 1–13.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan

Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2),

–1155.

Atikah, D. (2017). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada

Anak Usia 5-6 Tahun Artikel. Sandora Salim, 29–39.

Almi, P., & Yeni, I. (2021). Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan

Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.249

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & Communication Technology in

Shaping Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594

Irianingsih, Nining. 2018. Yuk Membuat Eco Print Motif kain dari daun dan bunga. Jakarta. PT

Gramedia Pustaka Utama

Almi, P., & Yeni, I. (2021). Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan

Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. EDUKATIF: JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 3(1), 102-108.

Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung, Alfabeta,

, hal. 163-165

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 1(01), 60-71.

SEPTI, A. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK

MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR DI SD/MI (Doctoral

dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran

Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan

Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic

Education, 3(1), 22-36.

Ramdania, D. R. (2013). Penggunaan media flash flip book dalam pembelajaran teknologi

informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bandung. UPI.

Artikel Ilmiah Tugas Akhir.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book

Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.

Paramitha, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis

Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal

Golden Age, 3(01), 1-16.

Nanik, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Permainan

Playdough Pada Kelompok B Di Paud Al–Hidayah Depo Indah No. 1 Kemijen

Semarang Timur Tahun Ajaran 2012/2013.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik

Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66-79.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden

Age, 2(01), 25-34.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.