PENGEMBANGAN MEDIA RUMAH GEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN)

Atik Mufidah, Bagus Ardi Saputro, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini merupakan suatu usaha untuk menstimulasi kemampuan yang dimiliki anak dalam mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) yang dapat merangsang serta dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak. Pengembangan media geometri merupakan suatu proses mendesain pembelajaran dengan penggunaan alat bantu sebagai media untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri yang secara logis dan sistematis dalam menetapkan segala sesuatu yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik (Hamid, 2013). Rumah Geo merupakan suatu media atau alat permainan yang dirancang dan dibuat membentuk rumah serta digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometri kepada anak usia dini khususnya anak usia 4-5 tahun melalui bermain untuk mendapatkan pengalaman belajar yang konkret. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and development. Pendekatan dan desain yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian adalah RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan Maret sampai dengan Juni 2022. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik Kelompok A usia 4-5 tahun. Sampel yang digunakan yaitu sejumlah 30 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian : Angket, Lembar Observasi, Pedoman Wawancara, Dokumentasi. Teknik pengumpulan data : angket, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data : Uji Validasi, Reliabilitas, Uji Kepraktisan, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil kevalidan : Pengembangan media Rumah Geo terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A usia 4-5 tahun.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rozak, D. W. (2018). Pengembangan media pembelajaran sasa-aura untuk

meningkatkan prestasi peserta didik SMK CENDEKIA MADIUN tahun ajaran

/2018. jurnal pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Amalia, R. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis penemuanterbimbing

pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP/MTs.

Andriyani, M. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar

melalui permainan tradisional gotri legendri pada anak kelas B TK Sunan Kalijogo.

Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan

kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. PAUD Teratai, 7(3).

Annisa. (2018). Peningkatan kemampuan pengenalan bentuk geometri peningkatan

kemampuan pengenalan bentuk geometri Kecamatan Padang Panjang Timur Kota

Padang Panjang.

Anufia, B & Alhamid, T. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sekolah Tinggi Agama

Islam Negeri (STAIN) Sorong.

Apriyani, F. (2018). Pengembangan media dadu dan papan flanel untuk meningkatkan

kemampuan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung pada anak Kelompok

A RA Perwanida I Cluring tahun 2017/2018. Universitas Jember.

Arifin, M., & Asfani, K. (2014). Instrumen penelitian. Disajikan pada Desember. Universitas

Malang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian (kelima belas). PT Rineka Cipta.

Artika, L. Chairilsyah, D. Puspitasari, D. (2016). Pengaruh permainan dakon geometri terhadap

kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Dahlia

Mandiri Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.

Ayu Putu Puspa Ariyani, A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing

terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri Kelompok B. e-Journal Pendidikan

Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha .

Azizah, M., & Fauziyah, F. (2019). Pengaruh kemampuan koneksi matematika terhadap hasil

belajar materi garis singgung lingkaran SMPN 2 Sumbergempol Tsulungagung. 1–9.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis pengembangan bahan ajar

berbasis. Halaqa: Islamic Education Journal.

Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2019). Pengaruh media glowing city terhadap

kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early

Childhood, 3(1), 53-60.

Dachliyani, L. (2019). Instrumen yang sahih : sebagai alat ukur keberhasilansuatu evaluasi

program diklat (evaluasi pembelajaran). MADIKA : Media Informasi dan Komunikasi

Diklat Kepustkawanan.

Desti Helfianti, R. N. (2021). Pengembangan media permainan game geo bus (ggs) untuk

mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Journal of Education

Research.

Dewi, N.K. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media jepit

geometri pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha di Sidomukti

Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Surabaya.

Elan, D. A. (2017). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal

bentuk geometri. PAUD Agapedia.

Ernawati, N. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui

media smart box pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan

Gilangkecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Artikel Skripsi.

Hamdani, Hamid (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia, (Bandung: Pustaka

Setia)

Hamida, A. I., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh media tangram terhadap kemampuan

mengenal bentuk geometri anak usia dini. 4(2), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-

lectura.v4i02.6216

Handayani, A, Murtianto, Y. H. R. (2016). Komputasi statistik. Universitas PGRI Semarang.

Hartono. (2016). SPSS 16.0 analisis data statistika dan penelitian (VII). Pustaka Belajar.

Hidayah, I. R. (2018). Pengembangan modul pembelajaran ipa materi kenampakan

permukaan bumi pada siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Simki-Pedagogia.

Hunaifi, A. A., & Sahari, S. (2018). Program studi pendidikan guru sekolah dasar Fakultas

Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri 2018. 02(04).

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen evaluasi non-tes dalam penilaian hasil belajar ranah afektif

dan psikomotorik. 2(2), 151–165.

Hutabri, A. A. (2017). Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis

komputer. Jurnal Kependidikan.

I Made Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan

addie model . Jurnal Ika.

I Made Tegeh, I. N. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan

model addie.

Iin Zheniar Winayati, I. A. (2014). Upaya meningkatkan pemahaman geometri melalui alat

permainan edukatif balok pada anak usia 4-5 tahun RA Amaliyah Kabupaten Sekadau.

Isnawati, A. N. A, Jayanti, D. D, Luthfillah, M. (2020). Pengaruh penggunaan media menara

geometri dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak

usia dini. Sawabiq: JurnalKeislaman. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020

Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di

PAUD Habibul Ummi II . Spektrum PLS.

Komang Srianis, N. K. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk

meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk . PG-PAUD

Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurnia, R, Solfiah, Y& Rusdianti. (2020). Pengembangan media getar (geometri putar) untuk

meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal

Review Pendidikan dan Pengajaran

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp Volume 3 Nomor 2, Desember

P-2655-710X e-ISSN 2655-6022

Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. In jurnal pendidikan teknik

mesin Unnes (Vol. 12, Issue 1, p. 129541).

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar nasional pendidikan anak usia dini no 137

tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Https://Portaldik.Id/Assets/Upload/Peraturan/Permen kemendikbud nomor 137 tahun

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Pdf

Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun

, 1–31.

Krobo, A. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan puzzel ball bentuk

geometri pada anak Kelompok A TK. YPPK. Santo Gabriel Arso II Kabupaten Keerom

Papua. Pernik Jurnal Paud, Vol 4.

Lailatul Asmaul Chusna, M. A. (2019). Pengembangan media dakon geometri untuk

meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun.

Lili Artika, D. C. (2016). Pengaruh permainan dakon geometri terhadap kemampuan mengenal

bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Dahlia Mandiri desa Muntai

Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis .

Made Giri Pawana, N. S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif berbasis proyek dengan

model addie pada materi pemrograman web siswa kelas x semester genap di SMK

NEGERI 3 SINGARAJA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan

Ganesha.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal

Tabularasa, 6(1), 87-97.

Monita, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan media monopoli geometri

untuk kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(2), 2672-2679.

Muhammad Rusdi Tanjung, T. F. (2014). Pengembangan aplikasi multimedia pengenalan dan

pembelajaran origami dengan pendekatan ADDIE.

Muiz, D. A. (2017). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal

bentuk geometri. 1(1), 66–75.

Munte, F. F., & Widayati, S. (2019). Pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap

kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di Surabaya. PAUD Teratai, 8(3).

Muttakhidah, R. I. (2016). Pergeseran perspektif “Human Mind” John Locke dalam paradigma

pendidikan matematika. UAD Jurnal managemet System, 16 No. 1, 56-58. Retrieved

Oktober Sabtu, 23 Oktober, 2021, from

https://core.ac.uk/download/pdf/324200153.pdf

Muzdalifah. (2018). Pengembangan media booklet matematika berbasis unity of sciences

untuk meningkatkan disposisi matematis pada materi lingkaran Kelas Viii SMP Negeri

Gringsing tahun pelajaran 2017/2018.

Nening Asmianti, A. N. (2017). Meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media karpet

geometri. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO.

Nila Mayang Sari, D. C. (2016). Pengaruh penggunaan media geoboard terhadap kemampuan

mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK NEGERI PEMBINA

KOTA PEKANBARU.

Ningrum, M. A., & Chusna, L. A. (2020). Dakon geometry innovation in stimulating the ability

to recognize. 08(01), 18–32.

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini. PAUD

Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2, No.

Nur Fadhilah, M. M. (2021). Pengaruh media roda putar terhadap kemampuan mengenal pola

dan motorik halus anak usia dini. Jayapangus Press.

Pangastuti, R. (2019). Media puzzle untuk mengenal bentuk geometri. JECED: Journal of Early

Childhood Education and Development, 1(1), 50-59.

Purwanti, E., Purnomo, E., & Pujiati, P. (2015). Pengembangan instrumen keterampilan sosial

berbasis observasi dan sosiometri dalam pembelajaran IPS. Jurnal studi sosial/journal of

social studies, 3(1)

Rahman, K.A, Wirdasari, A. (2017). Persepsi masyarakat terhadap urgensi PAUD di Kecamatan

Danau Teluk Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas Universitas Jambi.

Rena Madina, S. R. (2015). Deskripsi pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun

di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.

Revita, R., (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan

terbimbing untuk SMP. Matematika, Juring (Journal for Research in Mathematics

Learning) Vol. 2(2), 148–154.

Rustiyanti, D.W. (2014). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui

permainan dakon geometri pada anak Kelompok A di TK Arum Puspita Triharjo Pandak

Bantul.

Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik

jigsaw.

Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam membuat

karya dengan barang bekas. Jurnal Pena Paud Volume 1 Issue 1 (2020) Pages 1(1), 72–

Sari, N. M. Chairilsyah, D. F. (2016). Pengaruh penggunaan media geoboard terhadap

kemampuan mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri

Pembina 2 Kota Pekanbaru.

Semmel, D. S., Matematika, P., & Keguruan, F. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis

web.

Septari, L. P. M. (2020). Pengembangan instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar IPA

siswa Kelas V Sd. 4(2). https://repo.undiksha.ac.id/4348/

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (Sutopo (ed.)).

Sumaryanto, P. (2014). Implementasi kebijakan kelembagaan PAUD. Edukasi Islami Jurnal

Pendidikan Islam.

Try Astuti Ningsih Hrp, M. Z. (2018). Pengaruh kegiatan bermain konstruktif terhadap

kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok B di RA Sabila Amanda.

Jurnal Raudhah.

Ulfa, F. N., & Hafidah, R. Dewi. N. K. (2019). Mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran

kooperatif tipe talking stick pada anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 8 No. 1

Vemsi Damopolii, N. B. (2019). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada

materi segiempat. Algoritma Journal of Mathematics Education.

Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini dan

pendidikan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini, Volume 4 N.

Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (iii). Penerbitan

Unversitas Muhammadiyah Malang.

Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri (bangun datar). Jurnal

Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.

Yogi, M. (2014). Instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif dan pengembangan.

Implementation science, 39(1) 1–24.

Yulianti Fitriani, D. H. (2020). Analisis aplikasi belajar bentuk dalam upaya mengenalkan

bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Kalimaya.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.