ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD N WOTBAKAH
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan di SD N Wotbakah dan mencari tahu faktor-faktor yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kepala sekolah dan guru kelas IV, angket siswa kelas IV dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang diterapkan pada kelas III SD N Wotbakah tidak dilakukan pada semua pembelajaran. sebelum melaksanakan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM siswa dituntut untuk aktif dikarenakan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran STEAM Science pembelajaran sambil praktik/ pengamatan langsung dengan benda konkrit, Technology siswa belajar dengan menggunakan tablet, Engineering guru memberikan Teknik untuk menyelesaikan permasalahan dalam belajar, art pembelajaran seni siswa dapat membuat karya seni, Mathematic siswa tidak hanya belajar angka tetapi belajar untuk berpikir kritis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.