ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NILAI MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 3 KETILENG KABUPATEN BLORA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak media sosial Tiktok terhadap nilai moral pada anak sekolah dasar di SD Negeri 3 Ketileng. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SDN 3 Ketileng setiap kelas diambil 5 siswa dan kelas V sebanyak 14 siswa, guru kelas dan orang tua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak bermain media sosial Tiktok terhadap nilai moral siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media sosial Tiktok memiliki dampak bagi moral siswa yaitu nilai moral sikap hormat, tanggung jawab, kejujuran, disiplin diri, keadilan, peduli sesama, dan kerjasama. Dimana dampak positif cenderung lebih sedikit daripada dampak negatif. Adapun dampak positifnya yaitu siswa menjadi lebih kreatif, siswa menjadi lebih mengetahui perkembangan teknologi supaya tidak ketinggalan zaman, siswa yang bermain Tiktok lebih percaya diri dan berani. Sedangkan dampak negatifnya yaitu siswa sering lupa tugas dari sekolah, siswa menjadi kurang sopan kepada orang yang lebih tua, siswa sering lupa tanggung jawabnya, siswa kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, siswa menjadi sering berbohong, siswa sering berbicara kasar, siswa kurang peduli dengan sesama.
Full Text:
PDFReferences
Agustyn, I. N. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa
Kelas VI Sekolah Dasar
Aini, N., Ruslan, R., & Ely, R. (2016). Penanaman nilai-nilai moral pada siswa di sd negeri
lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1)
Bulele, Y. N. (2020, November). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi
kasus tiktok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation
Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).
Irjus, Hadion, Hermawan, Wayan, Christian, Suherman. 2020. Filsafat Pendidikan
Multikultular. Pena Persada: Banyumas
Jayanata, G. (2021). DAMPAK MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH
DASAR NEGERI 42 DI DESA PADANG PERI KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS
KABUPATEN SELUMA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Kaelan, M,S. 2016. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Kusumawardhani, E., & Sari, D. S. 2021. Gelombang pop culture tik-tok: studi kasus amerika
serikat, jepang, india dan indonesia. Padjadjaran Journal of International Relations, 3(1),
-31.
Marpaung, J. 2018. Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the
Counseling Guidance Study Program, 5(2).
Marsen, C., Neviyarni, S., & Murni, I. 2021. Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan
moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru
Indonesia), 6(1), 49-52.
Moleong J, Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nikmah, Sofwatin 2021 “Dampak penggunaan tiktok” (Dampak Sosial Penggunaan Aplikasi
Tiktok Terhadap Anak-Anak (republika.co.id). (diakses pada 19 Januari 2022)
Sukmadinata, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya : Bandung
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Alfabeta : Bandung
Lickona, Thomas 2013. Education For Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi
Aksara : Jakarta
Endah, Triastuti 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja.
Jakarta: Pusat Kajian Komunikasi.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.