PROFIL COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MRANGGEN TAHUN 2023

Mustahib Mustahib, Fenny Roshayanti, Endah Rita Sulistya Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMA Negeri 2 Mranggen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes berupa soal yang terdiri dari empat komponen computational thinking: dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan cukup dalam computational thinking. Rata-rata tertinggi terdapat pada indikator CT2 (pengenalan pola) sebesar 65,28, sedangkan rata-rata terendah terdapat pada indikator CT3 (abstraksi) sebesar 41,42. Berdasarkan standar deviasinya menunjukkan variasi yang signifikan dalam kemampuan computational thinking siswa. Kesimpulannya, pengembangan pembelajaran computational thinking perlu diperhatikan. Disarankan untuk melibatkan strategi pembelajaran yang mendorong dekomposisi/pemecahan masalah, pengenalan pola, algoritma, dan abstraksi. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam abstraksi, yang merupakan indikator dengan rata-rata terendah. Selain itu, perlu adanya upaya untuk mengurangi perbedaan kemampuan siswa dalam computational thinking melalui program pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan ini.


Keywords


Abstraksi; Algoritma; Computational Thinking; Dekomposisi; Pengenalan Pola

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

Anastia, A. F. (2021). Pola Computational Thinking Siswa SMA di Kota Semarang Pada Pembelajaran Biologi. Pendidikan Biologi FPMIPATI UPGRIS.

Andalas, E. F. (2020). Digitalisasi Dunia Pendidikan? Humanisme Digital sebagai Poros Pembangunan Manusia. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang Press, 1, 27.

Azizia, A. J., Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Arifuddin, A. (2023). Students' Computational Thinking Process in Solving PISA Problems of Change and Relationship Content Reviewed from Students’ Self Efficacy. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 12(1), 112-125.

Bommasani, R., Hudson, D. A., Adeli, E., Altman, R., Arora, S., von Arx, S., Bernstein, M. S., Bohg, J., Bosselut, A., Brunskill, E., Brynjolfsson, E., Buch, S., Card, D., Castellon, R., Chatterji, N., Chen, A., Creel, K., Davis, J. Q., Demszky, D., … Liang, P. (2021, August 16). On The Opportunities and Risks of Foundation Models. arXiv.Org. https://arxiv.org/abs/2108.07258

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lu, C., Macdonald, R., Odell, B., Kokhan, V., Demmans Epp, C., & Cutumisu, M. (2022). A Scoping Review of Computational Thinking Assessments in Higher Education. Journal of Computing in Higher Education, 34(2), 416–461. https://doi.org/10.1007/s12528-021-09305-y

Naibaho, T. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Sepren.

Rihada, A. M., Jagat, R. S. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Refleksi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdasarkan Hasil PISA (Programme For Interational Student Assessment). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 1-8.

Shahin, M., Gonsalvez, C., Whittle, J., Chen, C., Li, L., & Xia, X. (2022). How Secondary School Girls Perceive Computational Thinking Practices Through Collaborative Programming With The Micro:Bit. Journal of Systems and Software, 183, 111107. https://doi.org/10.1016/j.jss.2021.111107

Sun, C., Shute, V. J., Stewart, A. E. B., Beck-White, Q., Reinhardt, C. R., Zhou, G., Duran, N., & D’Mello, S. K. (2022). The Relationship Between Collaborative Problem Solving Behaviors and Solution Outcomes in A Game-Based Learning Environment. Computers in Human Behavior, 128, 107120. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.107120

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Turchi, T., Fogli, D., & Malizia, A. (2019). Fostering Computational Thinking Through Collaborative Game-Based Learning. Multimedia Tools and Applications, 78(10), 13649–13673. https://doi.org/10.1007/s11042-019-7229-9

Voon, X. P., Wong, S. L., Wong, L. H., Khambari, M. N. M., & Abdullah, S. I. S. S. (2022). Developing computational thinking competencies through constructivist argumentation learning: A problem-solving perspective. International Journal of Information and Education Technology.

Williams, H. (2022). No Fear Coding: Computational Thinking Across The K-5 Curriculum. International Society for Technology In Education.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i1.17044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.