PROFIL KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA KONSEP HUKUM NEWTON SISWA SMP NEGERI 1 KRANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil kemampuan memecahkan masalah pada konsep hukum Newton siswa SMP Negeri 1 Kranggan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan melibatkan 63 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep hukum Newton, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memecahkan masalah siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan memberikan tes berdasarkan indikator yang mengikuti tahapan polya yaitu (1) pemahaman masalah, (2) merencanakan pendekatan pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana, dan (4) mengevaluasi solusi yang ditemukan. Tes yang diberikan terdiri atas 8 soal uraian hukum Newton. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sebesar 48% siswa dapat memahami masalah, 50% siswa dapat merencanakan masalah, 45% siswa dapat melaksanakan rencana dan 35% siswa dapat mengevaluasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata adalah 44,5% hal ini masih tergolong rendah. faktor penyebabnya adalah karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep hukum Newton terbukti dari hasil tes yang dilakukan pada penelitian ini bahwa siswa hanya menghafal persamaan matematis dari hukum Newton tanpa memahami makna fisisnya. Oleh karena itu diharapkan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut, salah satunya dengan pengembangan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam perolehan pemahaman yang lebih baik tentang hukum Newton dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. I. S., Idrus, M. I., & Rijal, S. (2023). The role of education in fostering entrepreneurial spirit in the young generation. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), 93–100.
AlArabi, K., Tairab, H., Wardat, Y., Belbase, S., & Alabidi, S. (2022). Enhancing the learning of newton’s second law of mation using computer simulation. Journal of Baltic Science Education, 946–966.
Almubaroq, H. Z. (2023). Realize gold Indonesia In 2045 through 21st century proficiency education. Journal of Nambian Studies, 36, 30–54.
Astuti, P. A. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.
Basman, F. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hukum newton. universitas Muhammadiyah Makasar.
Damanik, E. L. (2020). Kehidupan sosial abad 21 : memahami revolusi industri keempat di Indonesia The 21 st Century social life : understanding the fourth industrial revolution in Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Antropologi (SENASPA), 1, 41–65.
Dwi Astuti, F. (2023). Analisis kesalahan peserta didik dalam merepresentasikan penyelesaian soal hukum Archimedes. Journal on Education, 05(04), 14329–14337.
Erlangga, S. Y., Poort, E. A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-analisis : effect size model pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan berpikir tingkat tinggi ( HOTS ) dan pemahaman konseptual siswa dalam fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198.
Hijriani, H., & Hatibe, H. A. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam memecahkan masalah fisika pada materi hukum newton tentang gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(1), 45–49. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft
Intantri, D. A. (2022). Analisis butir soal ujian akhir semester mata kuliah elektromagnetika jenjang s1- pendidikan fisika. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran IPA Ke -7, 166.
Irawan, C. M. (2023). Kurikulum Merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran sebagai solusi menjawab tantangan sosial dan keterampilan abad-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1, 109–120.
Ize, U. (2023). Efektivitas pembelajaran terintegrasi islamic science environment tecnology society terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Universitas Islam Negeri KIAI HAJI ACMAD SIDDIQ Jember.
Mardhiyah, Rifa Hanifa, Fajriyah Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Maylina, R., Sudarti, S., & Rustiawan, I. (2019). Analisis kesalahan siswa kelas X DPIB1 SMKN 2 Jember dalam memecahkan permasalahan fisika pada materi Hukum newton. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 275–279.
Nafasov, G. A., Abdukayum, K., & Rustamjon O’ktam O’g’li, X. (2023). developing student’s cognitive competence through teaching elementary mathematics. EURASIAN JOURNAL OF TECHNOLOGY AND INNOVATION, 1(5), 218–224. www.in-academy.uz
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi model pembelajaran STEAM dalam meningkatkan kreativitas pesertadidik di RA Al-Manshuriyah kota Sukabumi. Jurnal Arjuna Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Matematika, 1(5), 74–91.
Pribadi, M. A. (2023). Menejemen strategi pencegahan Radikalisme di perguruan tinggi keagamaan islam kota Metro. Pascasarjana Universitas Negeri Raden Intan.
Putri, S. F. (2023). Penelusuran Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. IAIN Ponorogo.
Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.
Rangkuti, A. Nizar. (2022). Diagnostik kesulitan belajar siswa pada materi aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 116–126.
Refiyeti, R. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media pembelajaran geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 9 Bandar Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Rizqi, A. F., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah, T. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.
Septiana, J., Bustan, A., Ariadi, P., & Dinata, C. (2023). Penerapan model pembelajaran learning cycle pada materi Gerak dan Gaya dengan media PhET Simulation Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 22–29.
Siddiq, F., Olofsson, A. D., Lindberg, J. O., & Tomczyk, L. (2023). Special issue : what will be the new normal ? Digital competence and 21st-century skills : critical and emergent issues in education. Education and Information Technologies.
Sihombing, I., & Ginting, R. yuni. (2023). Pengaruh guided inquiry model berbantuan media Phet terhadap hasil belajar dan ketrampilan proses sains siswa pada pokok bahasan Hukum newton. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4818–4824.
Sophia, A. Y. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Macromdia Flash 8 dengan Metode Computer Baed Learning di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Islam Negeri Ar -Raniry.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning:membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1–17.
Winarsih, E., Wibowo, Firmanul C., & Rustana, C. E. (2022). Desain bahan ajar Hukum newton berbasis WIX website untuk melatih keterampilan argumentasi siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), x(1), 97–104.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i1.17063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.