PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan administrasi pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran guru di SD Negeri 03 Serang semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian guru-guru SD Negeri 03 Serang Kabupaten Pemalang. Instrument yang digunakan lembar pengamatan untuk kemampuan guru dalam pembuatan administrasi pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembuatan administrasi pembelajaran sebelum penelitian sebesar 37,5%, pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II sebesar 87,5% sehingga ada peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan administarsi pembelajaran sebelum penelitian ke kegiatan siklus I sebesar 25%, kegiatan siklus I ke kegiatan siklus II sebesar 37,5%, dan dari sebelum penelitian ke kegiatan siklus II sebesar 62,5%. Kualitas pelaksanaan pembelajaran guru sebelum penelitian sebesar 62,5%, pada siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 87,5%, sehingga ada peningkatan kualitas pembelajaran sebelum penelitian ke pembelajaran siklus-1 sebesar 12,5%, kegiatan siklus I ke kegiatan siklus II sebesar 25%, dari sebelum penelitian ke kegiatan siklus II sebesar 67,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, H. (2019). Implementasi Supervisi Pendidikan di Sekolah.
Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Akademik Dan Supportive Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 884-894. Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Astuti, M., Saputri, R., & Noviani, D. (2023). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 167-176.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.
Kusumawardhani, R., & Prastikawati, E. F. (2012). pelatihan penulisan artikel ilmiah guru bahasa Inggris SMA di kota Semarang (sebagai pencapaian KEPMENPAN nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-45.
Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The correlation between supervision of headmaster and interpersonal communication with work ethos of the teacher. European Journal of Education Studies.
Purbasari, H. Y., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalitas Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6361-6372.
Purnomo, S. A., & Badriyah, Z. (2021). Tren Baru Perilaku Supervisi Pendidikan: Fenomena Pengawasan di Sekolah. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 3(1), 95-107.
Putra, S. (2020). Dampak Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru Kejuruan Bidang Kemaritiman di Indonesia. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 1(3), 120-129.
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108-119. Sonia, N. R. (2022). Supervisi Pengembangan Mutu Pendidikan: Tinjauan Konsep Developmental Supervision Glickman. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 103-122.
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205.
Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600-621.
Sanoto, H. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Supervisi Akademik selama Pandemi COVID-19 di Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 5(3), 1169-1174.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i1.17361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.