POTENSI PENERAPAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran teknologi ramah lingkungan bagi siswa SMP Negeri 2 Selopampang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMP Negeri 2 Selopampang Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teknologi ramah lingkungan belum menerapkan ESD. Hal ini dapat diketahui bahwa sebagian besar (80%) guru belum memahami tentang ESD, beberapa (60%) guru telah mengaitkan pembelajaran teknologi ramah lingkungan dengan isu lingkungan, sebagian besar (80%) guru belum menerapkan ESD dalam pembelajaran teknologi ramah lingkungan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ESD memiliki potensi untuk diterapkan dalam pembelajaran teknologi ramah lingkungan di SMP Negeri 2 Selopampang Kabupaten Temanggung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dieni, W. E. F. (2023). Desain Pembelajaran Materi Energi dengan Pendekatan Education for Sustainable Development untuk Mengembangkan Literasi Sains dan Sustainability Awareness Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Eliaumra, E. (2017). Education For Sustainable Development. Jurnal Kependidikan, 10(1), 43–59.
Erlina, N. (2021). Kesiapan calon guru IPA dalam pengembangan rencana pembelajaran berbasis education for sustainable development. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 142–150.
Fitrianur, S., & Hamdu, G. (2021). Modul Berbasi Esd Topik “Pentngnya Air Bersih Bagi Kehidupanku” Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(2), 174–190. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/5638
Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21 (N. F. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.
Indrati, D. A., & Hariadi, P. P. (2016). ESD (education for sustainable development) melalui pembelajaran biologi. Symposium on Biology Education, 12(2), 371–382.
Lullulangi, M. (2020). Pembelajaran Lingkungan Hudup yang Kreatif dan Inovatif (A. Arfandi (ed.); 1st ed.). Gunadarma Ilmu.
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran (E. Kuswandi (ed.); 7th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
McMahon, M. (2013). Designed From the Inside Out - Developing capacity for Social Sustainability in design through collaboration. 410.
Nasution, N., Prasetyo, K., & Jacky, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Education For Sustainable Development Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama. The Indonesian Journal of Social Studies, 3(1), 13. https://doi.org/10.26740/ijss.v3n1.p13-20
Pertiwi, N. (2017). Implementasi Sustainable Development di Indonesia. Global Research and Consulting Institute (GlobalRCI).
Prabawani, B. (2021). Education for Sustainable Development: Pembentukan Karakter dan Perilaku Berkelanjutan. Arti Bumi Intaran: Yogyakarta, Indonesia.
Pratiwi, I. I., Wijaya, A. F. C., & Ramalis, T. R. (2019). Penerapan PBL dengan konteks ESD untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8, SNF2019-PE.
Primasti, S. G. (2021). Implementasi program education for sustainable development di sma tumbuh. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(3).
Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.
Segara, N. B. (2015). Education for sustainable development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.17511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.