META ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perangkat Ajar berdiferensiasi berorientasi ESD untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif. Metode meta analisis digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik dokumentasi melalui upaya penelusuran artikel menggunakan mesin pencarian google Scholar. Sumber data dalam penelitian adalah 10 jurnal penelitian dari jurnal nasional dengan kriteria yang umum baik dari segi jenjang pendidikan maupun metode penelitian yang dipakai. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil presentase dan analisis data kualitatif berupa pendeskripsian terhadap penelitian-penelitian yang dikaji. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat ajar berdiferensiasi berorientasi ESD terbukti mampu meningkatkan berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan pada siswa di berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA. Pembelajaran berdiferensiasi berorientasi ESD mampu menjawab masalah pembelajaran yang dialami para guru di dalam kelas melalui konsep pemenuhan kebutuhan siswa dari segi kesiapan belajar, profil belajar serta minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi berorientasi ESD yang tergolong pendekatan baru ini sebagian besar masih digunakan sebagai strategi untuk perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cici R., Agus S.,Dewi H (2020) Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan KVISOFT Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1): 51-58(2020)
Deswita.,Hasnawati.,Yuniawati (2023) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Matematis Murid Sekolah Dasar, DE-JOURNAL Vol 5 No.1(2023), 1-14, http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de.journal
Fiengky,P.S., (2011) Pengembangan perangkat Pembelajaran Kimia Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan (Ksp) dengan pendekatan SETS untuk Meningkatkan berpikir Kritis dan Kreatif Siswa, Jurnal PP Volume 1 No.2 ,149-158
Lina A.S.,Joko S (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA untuk Pengembangan Modul Ajar Konsep Perubahan Lingkungan Melalaui Penerapan Education For Sustainable Development (ESD), Journal of Comprehensive Science
Mira E.K.,Fenny R., Endah R.S (2022)Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Education For Sustainable Developmen (ESD) Berpotensi Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X, Jurnal Biologi Pendidikan Terapan, Biopendik 48-70
N Latifah.,M S Hayat.,N Khoiri (2023) Potensi Implementasi Pembelajaran Berorientsi ESD dalam Proyek IPAS Aspek Zat dan Perubahannya, Jurnal Penelitian Pembeljaran Fisika, 261-268, http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F
Qoim R.,Joko S.,Fenny R (2023) Kepraktisan dan Efektivitas Pembelajaran Konsep Dinamika Rotasi Berorientasi Education For SuistainableDevelopment (ESD) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kreatif , journal Inovasi Pembelajaran di Sekolah halaman :193-200
Restu T.A.,Anggun B.K (2023) Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 112-119, https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647
Rezeki N.P.,Sorta L.,Sinta D.S (2022) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik, BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 173-180, https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet
Umi M., Misdiana., Nila K (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpaiakir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Hal 2793-2803
Umi N.H.,Mitarlis (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Mind Mapping untuk mMelatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Hidrokarbon, Unesa Journal of Chemical Education, Hal : 9-15
Tomlinson, C.A (2001) How to Differentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms, ASCD, Modul 2.1 PGP,2020
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.18234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.