POTENSI PEMANFAATAN EMPING MELINJO PADA P5 DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN SIKAP KEWIRAUAHAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL LIMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potensi Pemanfaatan Emping Melinjo Pada P5 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Sikap Kewirauahan Siswa Smp Muhammadiyah Boarding School Limpung. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket guru-guru dan siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Limpung di Kabupaten Batang. Obyek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII. Berdasarkan hasil analisis instrument hasil analisis instrument berorientasi ETNOSAIND dan ESD untuk mengukur tingkat kreatifitas siswa dan sifat kewirausahaan siswa kelas VII dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengetahui memiliki presentase 94%, siswa yang pernah makan emping dan menyukai emping memiliki presentase 84%, siswa yang keluarganya membuat emping melinjo memiliki presentase 53%, siswa yang memiliki sodara yang memiliki usaha emping melinjo memiliki presentase 13%, siswa yang pernah memakan hasil olahan dari emping melinjo memiliki presentase 44%. Dari jumlah siswa 32 siswa terdiri 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan memiliki perbedaan. Ada terdapat 2 siswa yang tidak mengetahui tanaman asal di kecamatan limpung tanaman melinjo karena asal daerh mereka yang bukan merupakan penduduk asli Limpung . Tanaman asli daerah limpung dan diolah menjadi emping melinjo yang merupakan ciri khas Limpung dan ada icon patung emping. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian diatas penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut: guru di SMP diusahakan dalam proses pembelajaran mengkaitakan pembelajaran berorientasi ETNOSAINS dan ESD yang memiliki tujuan agar siswa lebih banyak memiliki wawasan yang global dan meningkatkan daya kreatifitas siswa dan sikap kewirausahaan siswa untuk meningkatkan kreatifitas, sikap optimis serta sikap berani dan menyukai tantangan dan berorientasi masa depan.
Keywords
References
Clarisa, G., Danawan, A., Muslim, M., & Wijaya, A. F. C. (2020). Penerapan Flipped
Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 13. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.8953
Eilks, I. (2015). Science education and education for sustainable development - justifications, models, practices and perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1), 149–158.
https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1313a
Fadil, A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kemdiknas. (2010). Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Kegiatan Intrakurikuler. Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemdiknas.
Latifah, I., Nugraha, M. G., Wijaya, A. F. C., Studi, P., Fisika, P., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2018). Integrasi ESD ( Education
Listiawati, N. (2011). Relevansi Nilai-Nilai ESD dan Kesiapan Guru Dalam
Mengimplementasikannya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,
(2), 135. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.13
Mathar, Reiner. (2015). Chapter 2 in Schooling for Sustainable Development in Europe. Springer : Heidelberg, New York, Dordrecht, London.
Matitaputty, J. K (2013) Pendidikan Karakter Melalui Penggalian Nilai-Nilai Kearifan
Lokal budaya Pela Gandong Di Maluku. Jurnal Pendidikan ”Jendela
Pengetahuan Vol.6
(15). Hal.73-80
Sustainable Development ) dalam Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 75–81.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.18238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.