KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02 SEMARANG

Iga Aulia Hanifatuz Zahra, Mei Fita Asri Untari, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah 1) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menerapkan metode pembelajaran The Power Of Two?., 2) Apakah strategi pembelajaran aktif dan metode pembelajaran The Power Of Two efektif terhadap hasil belajar IPAS? Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran aktif dengan metode The Power Of Two terhadap hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sembungharjo 02 Semarang di lihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One Group PreTest- PostTest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sembungharjo Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif dengan metode The Power Of Two siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Hasil uji t terhadap hasil belajar thitung lebih besar dari ttabel maka diperoleh (th𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=10,092 dan ttabel=2,060,  maka diperoleh thitung > ttabel.  10,092 > 2,060). Kesimpulannya bahwa strategi pembelajaran aktif dan metode The Power Of Two efektif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat di sampaikan adalah supaya strategi pembelajaran aktif dan metode The Power Of Two dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Keywords


The Power of Two; hasil belajar; IPAS

Full Text:

PDF

References


Abizar Al Ghiffari, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Dharma Karya UT. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Firmansyah, A. (2006). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1).

Hakim, M. D. L., & Suryawirawan, O. A. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Dinamika Global Nusantara. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(2).

Imamah,Y.H. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mubtadiin, 7(1).

Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), pp.97-110.

Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Penegtahuan Alam pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), pp.2771-2780.

Prajitno, S.B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Rijal,M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Solving pada Murid Turnanetra Kelas IV di UPT. SLB Negeri 1 Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sa’diyah, C., Damayani, A. T., & Untari, M. F. A. (2015). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edusentris, 2(1), 12-21.

Yurmaini, Y., Syakdiah, H. and Thohir, M. (2023). Penerapan Metode The Power of Two Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Piqih di MAS Al Manar Medan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), pp.7367-7376.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i1.20163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.