PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 KEDUNGGADING KABUPATEN KENDAL
Abstract
Hasil pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 2 Kedunggading masih rendah. Kondisi awal menunjukkan bahwa hanya terdapat 2 orang siswa atau 14,28 % dari 14 orang siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 75, sedangkan sisanya 12 siswa atau 85,72 % mendapat nilai 75. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Kedunggading yang terdiri atas 14 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Kedunggading, Kabupaten Kendal. Aktivitas guru melalui penerapan metode Role Playing di kelas V SDN 2 Kedunggading mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh total skor 75 dengan nilai 78,125 kategori baik dan pada siklus II memperoleh total skor 85 dengan nilai 88,54 kategori sangat baik. Aktivitas siswa melalui penerapan metode Role Playing di kelas V SDN 2 Kedunggading mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh total skor 75 dengan nilai 78,125 kategori baik dan pada siklus II memperoleh total skor 85 dengan nilai 88,54 kategori sangat baik. Kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan metode Role Playing yang dilakukan di kelas V SDN 2 Kedunggading mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Lukman. 2022. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Perss.
Amrita. 2012. Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Andini, Nur Ayani Sri dkk. 2012. Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V. Bengkalis-Riau: Dotplus Publisher.
Ardiwati. 2020. Kemampuan Berbicara Siswa Tematik Role Playing. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.Vol. 4 No. 6
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Bima Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2010. Metode Role Playing. Jakarta: Grenmedia
Arsjad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakrta: Erlangga
Asmawati. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Team Quis pada Siswa Kelas V. Aceh Tenggara.
Azwardi, 2018. Menulis Ilmiah Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademik.
Basri, Hasan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kuala Kecamatan Tambang. Jurnal: Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Dasar FKIP, Vol. 1, No. 1, 2017, hlm. 42
Budiana, Nia. 2017. Keterampilan Berbicara: Desain Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching. Jurnal Basindo UM Malang, 23
Fatmawati, 2015. Pengertian Metode Role Playing. Jakarta: Media PRESS
Hamdani. 2011. Pengertian Role Playing. Yogyakarta: MEDIA PRESS.
Hamzah, Uno. 2012. Pengertian Metode Role Playing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hanifah, Nurdiah. 2014. Memahami Penelitian Kelas. Bandung: UPI PRESS.
Hayani. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Palopo. Vol. 2, No. 2, 2019, hlm. 224 22
Huda, Nur. 2012. Teknik Penilaian Kemampuan Berbicara. Makassar.
Indrayani. 2018. Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V. Aceh Tenggara.
Irmalati. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia Jurnal guru kita (JGK). Vol 1(2).
Mabruri, Zuniar Kamaluddin. dkk. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V melalui Metode Role Playing. Jurnal kajian Penelitian dan Pembelajaran. Vol 1,2.
Mardani. 2019. Mengefektifkan Penggunaan Media Foto untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V. Aceh Tenggara
Mardiana, Vera. 2018. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Aceh Besar.
Mayani. 2006. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurrita, Teni.2018. Jurnal Kemampuan Berbicara Siswa Syari’ah dan Tarbiyah Santosa. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran Kelas V. Jurnal PGSD. Vol. 3 No. 2.
Said. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2 No. 1, Februari 2019 Hal. 9-17. hlm 16.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ruzz Media, hlm. 1634
Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahab, Abdul Azis. 2010. Metode & Model Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Warsanto. 2004. Pembelajaran Metode Role Playing. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, Hisyam dkk. 2008. Role Playing atau Bermain Peran di Kelas. Makassar: Media Press.
Zulkifli. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Role Playing. Jakarta: Media Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i1.20171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.