PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI METODE DISKUSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS SDN WONOTINGAL SEMARANG

Laeli Mualinda Hikmah, Lilik Poncowati, Manek Intan Permata Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat melalui metode diskusi pada peserta didik kelas 4 mata pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Wonotingal yang berjumlah 26 peserta didik, 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat peserta didik kelas 4 mata pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Persentase ketuntasan peserta didik meningkat dari pra siklus yang awalnya 70% kemudian siklus I meningkat menjadi 76%, dilanjutnya tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 88%. Peningkatan tersebut terlihat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik lebih berani berbicara atau lebih berani menyampaikan pendapat, rasa percaya diri peserta didik meningkat, dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok peserta didik lebih lancar dan tidak malu-malu seperti sebelumnya.


Keywords


keterampilan berbicara; metode diskusi; IPAS

Full Text:

PDF

References


Asmah, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat melalui metode diskusi pada siswa kelas vi. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(1), 45. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.275

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Humairoh, F. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok: Strategi dan Manfaatnya. https://doi.org/10.31219/osf.io/gax5n

Purnamasari, E., Rahmawati, S., & Akidah, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Bantaeng. Journal on Education, 6(1), 2327–2333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3248

Purwati, D., & Subhan, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Muatan Pelajaran Ips Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 517. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1845

Putra, A. A., Budiono, B., & Hosanah, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Demangan 1 Bangkalan Dengan Metode “Diskusi” pada Materi Keanekaragaman Suku Dan Budaya Di Indonesiai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3023-3035.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i1.20192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.