PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TUMBUHAN MELALUI MEDIA PAPAN BILIK PADA SISWA KELAS IV SDN WONOTINGAL

Mustika Sylvia Nurul Widaningsih, Manek Intan Permata Sari, Feny Nur Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tumbuhan dengan penggunaan media bilik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVC SDN Wonotingal yang berjumlah 25 peserta. Metode penelitian yang digunakan analisis deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil belajar setelah tindakan siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif. Penggunaan media bilik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tumbuhan. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui hasil asesmen formatif yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada pra siklus memperoleh 50,8 dengan nilai persentase ketuntasan 8%. Siklus I mendapatkan rata-rata 64,4 dengan nilai persentase sebesar 48%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,4 dengan persentase ketuntasan mencapai 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Papan Bilik mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tumbuhan di kelas IVC SDN Wonotingal.


Keywords


hasil belajar; papan bilik, peningkatan

Full Text:

PDF

References


Aspreliha, I., Damariswara, R., & Rohmah, D. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. 06(01), 1092–1104.

Hikmah, F. A., Octavriana, N., Ghufron, S., & Ratnawati, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Desimal dengan Media Bilik Desimal Kelas IV-B SDN Banyu Urip 2 / 363. 02(57), 141–146.

Rohaetul Aen, U. K. (2020). Meningkatkan pemahaman konsep ipa siswa sd menggunakan media visual berupa media gambar dalam pembelajaran ipa 1. 03(03), 99–103.

Yulianti, A., Pratiwi, C. P., & Aminah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpuisi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Bilik Puisi untuk Siswa Kelas 4 SDN Ngegong. 3(1), 237–244.

Yusron, M., Metalin, A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Trenggalek, S. P. (2020). Pengaruh media pop up book berbasis literasi digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. 3(2016), 39–45.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i1.20197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.