PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 KELAS V SD NEGERI 2 KALIRANCANG TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
ABSTRAK
KUNNI KHASANAH, Media Powerpoint dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Peserta didik Kelas V SD Negeri 2 Kalirancang. Semarang: Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang, 2020. Latar belakang masalah penelitian ini adalah peserta didik tampak masih kurang bersemangat dan kurang berminat terhadap pembelajaran. Hal ini terlihat dari sikap peserta didik ketika berada di dalam kelas. Banyak peserta didik terlihat diam tanpa merespon pembelajaran yang sedang berlangsung serta masih banyak peserta didik yang terlihat tidak fokus pada materi pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak dijumpai peserta didik yang masih bicara sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methode), yaitu mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis data untuk menghitung ada peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai peserta didik pada tiap siklus. Populasi dari penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kalirancang Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan perubahan tindakan yang dilakukan dalam penerapan media powerpoint, peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Powerpoint dan Hasil Belajar
ABSTRACT
KUNNI KHASANAH, Powerpoint Media in Improving Learning Outcomes in Learning Theme 4 Sub-theme 2 Learning 2 Class V Students of SD Negeri 2 Kalirancang. Semarang: Postgraduate Teacher Professional Education Study Program PGRI University Semarang, 2020. The background to the problem of this research is that students seem to be less enthusiastic and less interested in learning. This can be seen from the attitude of students when they are in class. Many students look silent without responding to ongoing learning and there are still many students who do not seem to focus on learning material. During the learning process, there were many students who were still talking to themselves. This research is a mixed method, which combines qualitative and quantitative research. The results of research data analysis using data analysis to calculate the average increase in cognitive learning outcomes achieved by students in each cycle. The population of this study were all students in grade V SD Negeri 2 Kalirancang for the academic year 2020/2021 which consisted of 28 students. The results showed changes in actions taken in the application of powerpoint media, an increase in the average cognitive learning outcomes achieved by students.
Keywords: Learning Media, Powerpoint Media and Learning OutcomesFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.