Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Hp Android Di Kelas X-MIPA-1 SMA Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Atiek Indriyastuti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text di Kelas X-MIPA-1 SMA Negeri 7 Semarang semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai hasil penggunaan Media HP Android. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui  sejauh mana peningkatan pengetahuan dan sikap belajar siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes tertulis ulangan harian dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan, lembar refleksi diri, lembar penilaian antar teman, dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan media hp android dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text. Ketuntasan Belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal 53,13% menjadi 65,63% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Peningkatan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text  pada siklus I mencapai 2,53% dari rata-rata hasil belajar pada pra siklus dan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar6,81% dari rata-rata hasil belajar  pada siklus I atau mengalami peningkatan sebesar 9,34% jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada pra siklus.

Kata Kunci: Menulis- descriptive-hp android


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.8936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.