PERAN GURU ABAD 21 DALAM PENERAPAN PERMAINAN BERLARI ZIG – ZAG MEMBAWA BENDERA DAN KLASIFIKASI WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SERTA KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN

Nanik Utami, Bagus Ardi Saputro, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Kurangnya guru dalam menciptakan kreativitas pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar serta  kognitif anak masih rendah.  Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru abad 21 dalam penerapan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar serta kognitif pada anak usia 4-5 Tahun, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan hasil penelitian ini adalah guru mampu menerapkan peran guru abad 21 yaitu ketrampilan 4C yang meliputi komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi dalam penerapan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna pada kelompok usia 4-5 Tahun . Guru menambah pengetahuan dan sumbangan pemikiran tentang peran guru abad 21 dalam meningkatkan kemampuan motoric kasar serta kognitif anak melalui kegiatan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.13139

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v34i2.13139.g5776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]