PERAN GURU ABAD 21 DALAM PENERAPAN PERMAINAN BERLARI ZIG – ZAG MEMBAWA BENDERA DAN KLASIFIKASI WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SERTA KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Kurangnya guru dalam menciptakan kreativitas pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar serta kognitif anak masih rendah. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru abad 21 dalam penerapan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar serta kognitif pada anak usia 4-5 Tahun, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan hasil penelitian ini adalah guru mampu menerapkan peran guru abad 21 yaitu ketrampilan 4C yang meliputi komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi dalam penerapan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna pada kelompok usia 4-5 Tahun . Guru menambah pengetahuan dan sumbangan pemikiran tentang peran guru abad 21 dalam meningkatkan kemampuan motoric kasar serta kognitif anak melalui kegiatan permainan berlari zig-zag membawa bendera dan klasifikasi warna,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.13139
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v34i2.13139.g5776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]