PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIP TERHADAP PERENCANAAN KARIR
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Permasalahan perencanaan karir tersebut antara lain kurangnya pemahaman mengenal diri, kurangnya kesiapan mental untuk bersaing, belum memahami program studi untuk melanjutkan ke universitas lanjutan, ragu dengan pilihan cita – cita atau karirnya, belum memiliki rencana dalam memilih pendidikan lanjutan, dan kurang percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chip terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian pretest posttest One Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang dengan jumlah 221 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 15 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala perencanaan karir. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 > 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pretest) dengan varibel akhir (posttest), hal ini menunjukan Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima yang berbunyi bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik talking chip terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Y.M.2018 Analisis Efikasi Diri terhadap Perencanan Karir Siswa Kelas VIII di
SMP Purnama Semarang, Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Amalia, N.L., Handayani, A., & Hartini, T.2020. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik
Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Pedagogik: Jurnal Pendidikan.
Benardin, H. John dan J.E.A. Russel. (2013). Human Resource Management: Experiental Approach. Singapore: McGraw Hill.
Bibhuti Bhusan Mahapatro, 2010, Human Resource management, New Delhi, New Age International (P) Ltd. Publishers, hal : 38.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Folastri, Sisca dan Rangka, Itsar Bolo. Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press, 2016.
Gibson, L. & Mitchell. (1981). Introduction Guidance. New York: Macmillan Publishing.
Gladding, T. Samuel.2012. Konseling: Profesi Yang Menyeluruh, Indeks: Jakarta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Kaswan.(2002). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
---------, Career Development (Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan Dan Kepuasan), (Bandung: Alfabeta, 2014), Hal. 83.
Lesmana, I.T.2017. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.
Leong, Frederick T. L.(2008). Encylopedia of Counseling. California: Sage Publication.
Inc.
Lie Anita. 2014. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-
Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Masitoh dan Laksmi Dewi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Depag. Ri.
Meldona & Siswanto. 2012. Perencanaan Tenaga Kerja. Malang: UIN MALIKI PRESS.
Munawir. (2017). Tehnique Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Smp Negeri 2 Balocci the Influence of Group Guidance Using Round Technique To Improve Students Self Confidences At Smpn 2 Balocci Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.Tesis.
Muniroh, Lulu'ul. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Simbolik terhadap Perencanaan Karir Siswa SMP N 4 Pati. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Muri. 2005. Kiat Sukses dalam Karir. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Musfirah (2015). Pengembangan modul perencanaan karier untuk siswa SMP. Jurnal psikologi pendidikan & konseling , Vol, 1, no,1.
Nauli, P.,P.2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA N 3Patu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Prayitno, 1995, Layanan Bimbingan Dan Konseling(Dasar-Dasar DanProfil) Kelompok,
Padang: Ghalia Indonesia.
----------. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.
Padang: Universitas Negeri Padang.
----------. dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
----------. Afdal, Ifdil, dan Zadrian Ardi. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil (Dasar dan Profil). Bogor: Ghalia Indonesia.
Puspitaningrum, T., D. 2018. Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMA. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Rothwell, William. (2010). The Manager's Guide to Maximizing Employee Potential. New York: Amacom.
Small, JJ. Munro, Manthei. 1993. Penyuluhan (Counselling) Suatu Pendekatan Berdasarkan Ketrampilan (Alih Bahasa: Erman Amti). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sonia Casal. 2002. Talking Chips (A Book Multiple Intelligence Exercise From Spain). Sevila: HLTMagazine.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Administrasi.Bandung: Alfabeta.
------------.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Uman. 2009. Konseling karir sepanjang rentang kehidupan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Supri, Wahyudi Utomo. 2007. Penerapan Metode Talking Chips dalam Pembelajaran
Kooperatif Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Kewirausahaan di SMKN I Madiun. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Veithzal Rivai. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Werner, J.M dan Randy L. DeSimone. (2006). Human Resource Development. USA: Thomson
William R. Werther, Jr., dan Keith Davis, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Personalia, 1993:11.New York : McGraw-Hill.
Winkel W.S, Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Edisi revisi. Yogyakarta : Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v36i1.18580
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v36i1.18580.g8382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]