Penerapan Media Papena Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Siswa Kelas II di SDN Bendungan
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak dan tidak mudah dipahami oleh anak sekolah dasar dan siswa masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga guru perlu menerapkan media pembelajaran yang diharapkan dapat menjadikan siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah dengan menggunakan media papan penjumlahan (papena) pada materi tentang penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas II A SDN Bendungan pada pembelajaran matematika penjumlahan dua bilangan dengan menggunakan papan penjumlahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II A SDN Bendungan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis ketuntasan hasil belajar dan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan guru kelas II A SDN Bendungan menunjukkan hasil yang signifikan terlihat dari hasil observasi siswa sangat aktif dan antusias selama proses pembelajaran dengan menggunakan media papan penjumlahan. Sedangkan penerapan media papan penjumlahan (papena) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II A SDN Bendungan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra siklus tuntas sebanyak 10 siswa (38%) dengan Siklus I tuntas sebanyak 16 siswa (62%) dan siklus II (77%) tuntas sebanyak 20 siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Halim, Fathani. 2009. Matematika. Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-ruzz
Media Group.
Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dimyanti, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2011). Penelitian TindakanKelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit GavaMedia
Fitria, I. K., & Budiyono, H. (2021). Penggunaan media petak persegi satuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Tropodo 1 Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Irwanto, Eka Agus. 2014.
Meningkatkan Hasil Belajar materi Luas Bangun datar Dengan Menggunakan Media Karton Berpetak Pada Siswa Kelas Kelas IV SDN Modopuro 1 Mojokerto. Universitas Negeri Surabaya.
Muljono, Djoko. 2006. Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongsari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang. (Online) https://id.scribd.com/docume nt/26580402/Meningkatkan- Hasil-Belajar-Matematika-Melalui-Penggunaan-Alat (diakses 28 Maret 2017)
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Pitajeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rostina Sundayana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18741
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18741.g8198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]