PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PALANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS II B SD NEGERI BENDUNGAN

Shifa Fauziah, Suyoto Suyoto, Anysatul Chayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas II B pada materi bilangan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini terdiri dari 28 siswa dan obyek penelitiannya adalah peningkatan pemahaman matematis. Desain penelitiannya menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart meliputi 4 tahap dalam setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap tindakan (act), tahap pengamatan (observe), dan tahap refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes pemahaman matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data kualitatif yaitu dari observasi dan wawancara, untuk data kuantitatif dengan menggunakan persentase kemampuan pemahaman matematis yaitu hasil tes pemahaman matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas II B pada materi bilangan. Kemampuan pemahaman matematis mengalami peningkatan, yaitu pada tes prasiklus presentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematis sebesar 32%, pada tes siklus I presentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematis sebesar 68% dan pada siklus II presentase sebesar 89%. Dapat dilihat bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis kelas II B SD Negeri Bendungan sebesar 21%


Full Text:

PDF

References


Attalina, S. N. C., & Irfana, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian dengan Menerapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran TOLKAMA (Botol Perkalian Matematika) pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 217.

Lestari, K. E., Yudhanegara,M.D. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: PT Refika Aditama.

Meilinda, F.N., Fitri, N.H., & Harun, Lukman. (2023). 98. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi guru, 598-608.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014, (Jakarta: Kemendikbud, 2015), hlm. 320.

Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,6(3), 2735-2748.

Rahmat, Ewo. 2018. Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student Achievement. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017, November). Student’s mathematical understanding ability based on self-efficacy. InJournal of Physics: Conference Series(Vol. 909, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.

Santoso, Erik. 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS: Vol. 2, No. 2, Januari 2018, Hal. 80-87.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarto, M.T., Laa, S.P.Y.O., Mahtuum, Z.A., Siagian, G.T., Afrilianto, M. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis SMP melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 10 (1), 85-94.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana

Yuafian, Reza et al. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). JUSTEK | Jurnal Sains dan Teknologi: Vol. 1, No. 1, Mei 2018, Hal. 120-125. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar).




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18748

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18748.g8200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]