UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT KELAS VI SDN PEDURUNGAN LOR 02
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan keakifan dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dikelas VI SD Negeri Pedurungan Lor 02. Metod penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dengan melibatkan peserta didik kelas VI SD Negeri Pedurungan Lor 02 yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai subjek penelitian. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tahapan Siklu I & Siklus II yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklusnya, dengan mengmpulkan data melalui observasi keaktifan peserta didik dan pengukuran hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Ukuran Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT secara signifikan dapat meningkatkan keaktifan peserta didikdalam proses pembelajaran. Selain itu terjadi peningkatan yang nyata dalam pencapaian hasil belajar peserta didik berdasarkan tes akhir setiap siklus pembelajaran. Model pembelajaran TGT terbukti mampu mendorong kerjasama antar peserta didik dan memberikan motivasi tambahan dalam belajar, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I diperoleh aspek keaktifan sebesar 70% dan hasil belajar dengan presentase ketuntasan 75%, kemudian menunjukkan peningkatan pada Siklus II dengan aspek keaktifan sebesar 8% dan hasil belajar dengan presentase ketuntasan sebesar 90%. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Pedurungan Lor 02 Semarang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M.(2013). Teori & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNISSULA Press.
Depdiknas. (2013). Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Limbong, M. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: UKI Press
Suprijono, S. (2015). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar 2 (2013): 126.
Tazminar. Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.2, No. 1 (2015): 47.
Wibowo, N. Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Jurnal Elvino, Vol 1, No. 2 (2016):130.
Winarti. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. Viii, No.
DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18751
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v36i1.18751.g8202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]