UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KUNINGAN 04 KOTA SEMARANG

Erna Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar  siswa kelas V SD Negeri Kuningan 04 Semarang Utara, melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kuningan 04 Semarang Utara. Data berasal dari peneliti, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data, teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi tentang bilangan bulat pada siswa kelas V sekolah dasar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i1.6148

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v32i1.6148.g3520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]