Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 4 Melalui Aplikasi Zoom Meet Dengan Media Power Point Pada Kelas Ii SD Negeri Jenang 10 Tahun Pelajaran 2020 / 2021
Abstract
Penelitian berjudul Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 4 Melalui Aplikasi Zoom Meet Dengan Media Power Point Pada Kelas II SD Negeri Jenang 10 Tahun Pelajaran 2020 / 2021 .Dengan subyek penelitian berjumlah 15 anak terdiri dari 7 laki laki dan 8 perempuan.Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi prasiklus dengan nilai rata rata 50 %.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus ,tiap tiap siklus menggunakan menggunakan model pembelajaran Saintific.Pengumpulan data dilakukan melalui angket,tes,dan observasi .Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85 % dari siswa tuntas belajar serta menunjukan keaktifan.Hasil penelitian menunjukan peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II yaitu pada siklus I mencapai skor 60 % masuk pada kategori baik meningkat menjadi 85 % masuk pada kategori sangat baik pada siklus II.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 60 % dan meningkat pada siklus II menjadi 85.Dari hasil penelitian ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (10 %) dan pada siklus II ( 100%),terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar(25%).Penerapan model pembelajaran Saintific dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i1.7310
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v32i1.7310.g3640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]